Sukses

Digelar Virtual, Lomba Lari Kartini Run 2020 Tetap Meriah

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia membuat pelaksanaan lomba lari Kartini Run 2020 harus dilakukan dengan cara berbeda. Tahun ini, lomba lari dilakukan secara virtual pada Minggu (2/8/2020) pagi.

Kartini Run 2020 seharusnya digelar di Jakarta pada 26 Juli 2020 dengan start di Plaza Timur Gelora Bung Karno. Namun adanya pandemi virus corona Covid-19 membuat panitia menundanya.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, panitia memutuskan mengadakan Virtual Kartini Run 2020 pada 2 Agustus 2020. Lomba lari Virtual Kartini Run 2020 semangatnya adalah mengajak masyarakat untuk tetap berolahraga di tengah pandemi Covid-19.

Para peserta berlari dari tempatnya masing-masing sehingga tidak perlu berkumpul di satu tempat. Para pelari melakukan koneksi ke link Zoom Meeting dan bergabung di challenge/tantangan Virtual Kartini Run 2020 pada aplikasi Endomondo.

Walau digelar secara virtual, antusiasme peserta untuk ikut lomba lari tetap tinggi. Menariknya, dengan digelar virtual, justru semakin banyak peserta yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Karena masih dalam situasi dan kondisi pandemi, pesertanya tidak bisa berkumpul dalam satu titik. Namun tidak mengurangi semangat dan nilai-nilai olahraga itu sendiri yakni sportif dan fair play. Saya bangga pesertanya bisa menyebar ke seluruh pelosok tanah air,” kata penasihat Virtual Kartini Run 2020, Tri Tito Karnavian yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PP.PERWOSI) itu.

 

 

2 dari 4 halaman

Peserta

Peserta Virtual Kartini Run 2020 tak hanya dari Jakarta, Depok, Bogor Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Ada juga pelari dari Pekanbaru, Bengkulu, Padang, Batusangkar, Payakumbuh, Solok, Tanjung Pinang, Lubuk Linggau, Bandung, Tasikmalaya, Majalengka, Cimahi, Karawang, Indramayu, Kudus, Demak, Jepara, Klaten, Wonosari, Banyuwangi, Sidoarjo, Jombang Pontianak, Pangkalan Bun, Bontang Makassar, Rantepao, Kendari, Mataram, Jayapura dan Sorong.

"Seru banget ya. Ini baru pertama kali lari virtual. Berasa aneh sih pas awal-awal karena larinya sendirian. Namun asyik juga," ujar Siska, salah satu peserta yang berlari dari Padang Panjang.

3 dari 4 halaman

Hadiah

Kartini Virtual Run 2020 dimulai pada pukul 06.30 pagi WIB/07.30 WITA/08.30 WIT. Total ada 3 juara pada masing-masing kategori laki-laki dan perempuan dengan catatan waktu terbaik yang mendapatkan hadiah uang tunai.

Selain itu peserta lain berkesempatan untuk mendapatkan doorprize yaitu 2 unit Garmin Forrunner dan 200 pos kartu Brizzi (uang elektronik dari BRI) senilai Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000. Karena dilakukan secara virtual, para pemenang baru akan diumumkan Senin, (3/8/2020) pukul 12.00 WIB. Panitia harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Virtual Kartini Run 2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASEKIM), PERWOSI dan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) dengan sponsor utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini diikuti oleh 500 peserta.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: