Sukses

PSSI Berharap Shin Tae-yong Ajak 2 Timnas ke Korea Selatan

Semula Shin Tae-yong hanya ingin mengajak timnas U-19 TC di Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap Shin Tae-yong membawa timnas senior dan U-19 jika nanti menggelar pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Semula Shin Tae-yong hanya ingin mengajak timnas U-19.

"Saya meminta, kalau memang berangkat ke Korea, seyogianya kedua timnas berangkat agar Shin Tae-yong bisa melatih semuanya," ujar Mochamad Iriawan.

Shin Tae-yong berencana membawa timnas U-19 ke Korea Selatan untuk berlatih dan beruji coba setelah TC di Jakarta berakhir. Timnas U-19 disiapkan untuk mengikuti Piala AFC di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Namun, PSSI menilai timnas senior juga bisa ikut karena bakal menjalani tiga laga kualifikasi Piala 2022 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam pada periode Oktober-November.

PSSI berharap timnas senior mendapatkan hasil maksimal di partai tersebut untuk mendongkrak peringkat FIFA.

Saksikan Video Timnas Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Tinggalkan Timnas Senior

Dengan pertimbangan itu, PSSI meminta Shin Tae-yong menyusun kembali programnya. PSSI akan mendapatkan laporan dari sang manajer pelatih timnas, termasuk keputusannya soal TC ke Korea Selatan, pada Senin (3/8/2020).

"Kami meminta Shin Tae-yong jangan meninggalkan timnas senior. Fokusnya memang untuk Piala Dunia U-20, tetapi rakyat Indonesia menginginkan agar timnas senior membawa hasil maksimal dari tiga laga terakhir. Lagipula, Shin Tae-yong memang didatangkan untuk melatih tiga timnas yaitu senior, U-23 dan U-19," tutur Mochamad Iriawan dikutip Antara. 

 

3 dari 4 halaman

Lawan Sepadan

Shin Tae-yong ingin membawa skuat ke Korea Selatan karena bakal kesulitan mendapat lawan sepadan untuk uji coba di tengah pandemi Covid-19.

Di Korea Selatan, timnas lebih mudah mendapatkan lawan karena kompetisi sudah bergulir dan kualitas lawan sangat baik.

"Shin Tae-yong menyampaikan ada empat sampai lima lawan yang bisa dihadapi oleh timnas. Jadi bukan hanya bertanding saja, tetapi juga atmosfer pertandingan untuk mengincar kemenangan," kata Mochamad Iriawan.

4 dari 4 halaman

Gelar TC

Timnas senior dan U-19 tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta. Latihan di lapangan rencananya dimulai pada 1 Agustus 2020.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.