Sukses

Kepentingan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Tidak Perlu Karantina 14 Hari

Apa alasan Shin Tae-yong bebas karantina di tengah pandemi Covid-19?

Liputan6.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dipastikan tidak perlu menjalani karantina 14 hari setelah tiba di Indonesia. Dia bisa fokus melaksanakan tugas. 

Shin Tae-yong dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Rabu (22/7/2020) malam WIB. Dia kemudian memimpin pemusatan latihan dua Timnas Indonesia, senior dan U-19, keesokan harinya. 

“Karantina 14 hari itu tidak wajib diikuti Shin. Hanya (perlu) surat pernyataan (sehat). Itu hanya (dijalani) kalau ditemukan indikasi,” kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia, setiap orang asing yang dikecualikan dan bisa masuk RI harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Beberapa persyaratan tersebut, antara lain memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan otoritas kesehatan dari masing-masing negara dan pernyataan bersedia untuk dikarantina selama 14 hari.

Menurut Gatot, Shin Tae-yong dan jajaran staf pelatih Timnas Indonesia tidak perlu melakukan karantina karena masuk ke dalam enam pengecualian bagi orang asing yang memasuki wilayah RI seesuai Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020.

 

Saksikan Video Timnas Indonesia Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Enam Pengecualian

Pengecualian itu ditujukan kepada mereka yang memegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap serta pemegang visa diplomatik dan visa dinas.

Selanjutnya bagi pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan, awak alat angkut baik laut, udara maupun darat.

 

3 dari 4 halaman

Kategori Terakhir

Shin Tae-yong dan asistennya masuk kategori terakhir, yakni orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis nasional. Dia ditugaskan mengangkat kinerja timnas. 

Pada level senior, timnas bakal menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF. Sementara timnas U-19 bersiap mengikuti Piala AFC dan Piala Dunia U-20 tahun depan.

4 dari 4 halaman

Jalani TC

Shin Tae-yong sudah memanggil 29 pemain untuk timnas senior. Dia juga merekrut 44 pemain U-19. 

Seluruh pemain bakal menjalani TC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.