Sukses

TC Timnas Indonesia Diundur, Pemain Fokus Perbaiki Nutrisi

TC Timnas Indonesia dan U-19 sedianya berlangsung Sabtu (25/7/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia diundur hingga Sabtu (1/8/2020). Untuk mengisi waktu, pemain yang sudah berkumpul di ibu kota sejak Kamis (23/7/2020) fokus memperbaiki nutrisi.

TC timnas senior dan U-19 sedianya berlangsung Sabtu (25/7/2020). Sehari sebelumnya mereka menjalani swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira keluar tiga atau empat hari usai dilakukan. Kami melakukan simulasi dengan protokol kesehatan sebelum dilakukan latihan perdana," kata kepala tim medis PSSI, dr Syarif Alwi.

"Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan," sambungnya di situs resmi PSSI.

Pihak PSSI sudah melakukan koordinasi terkait mundurnya jadwal TC Timnas Indonesia. Penundaan ini disesuaikan dengan program latihan yang disiapkan tim pelatih yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Sesuai arahan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), setelah Shin Tae-yong tiba di Jakarta kami langsung melakukan koordinasi. Dan pelatih menyiapkan program latihan perdana Timnas Indonesia di lapangan pada 1 Agustus mendatang," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

 

Saksikan Video Timnas Indonesia Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Bersemangat

Yunus Nusi menyebut pemain dalam kondisi sehat dan bersemangat untuk menjalani pemusatan latihan. Apalagi pemain sudah cukup lama menunggu momen tersebut karena selama ini masih terkendala pandemi Covid-19.

Sejak tiba di Hotel Fairmont Jakarta, pemain dan ofisial melakukan protokol kesehatan secara ketat yang diawasi langsung oleh tim kesehatan PSSI. Pemain maupun ofisial selalu memakai masker, menjaga jarak saat melakukan kegiatan, rajin cuci tangan memakai sabun, selalu membawa hand sanitizer, pengecekan suhu, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Arahan Ketua Umum

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Plt Sekjen Yunus Nusi dan Direktur Teknik Indra Sjafri juga memberikan arahan dan motivasi kepada pemain dan ofisial, Sabtu (25/7/2020) malam.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan langsung PSSI kepada skuat Garuda yang tengah melakukan pemusatan latihan.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan 2 Timnas

Bagi timnas senior, pemusatan latihan ini sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Setelah itu mereka mengikuti Piala AFF pada November-Desember.

Sedangkan timnas U-19 digembleng untuk persiapan mengikuti Piala AFC 2020 di Uzbekistan, 14-31 Oktober. Tim Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah, Kamboja, dan Iran. Mereka juga bakal tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.