Sukses

Timnas Indonesia Jalani Tes Swab Covid-19, Satu Orang Punya Keluhan saat Baru Tiba

Pemain yang bersangkutan sudah dibawa berfoto untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta Satu per satu pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia senior dan U-19 sudah tiba di Jakarta. Sebelum mengikuti latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, mulai Sabtu (25/7/2020), para pemain Tim Merah Putih ini lebih dulu menjalani screening Covid-19.

Dokter PSSI yang menangani timnas Indonesia senior, Ahmad Nizar dalam rekaman petikan wawancara dengan media officer PSSI menjelaskan, tes yang dilakukan terbagi dalam dua tahap. Pertama adalah rapid test atau tes cepat, dan yang kedua berupa tes usap atau swab test.

"Kalau mereka dari luar DKI kita tidak lakukan lagi, karena itu sudah menjadi acuan kalau sebelum terbang mereka kan sudah rapid (test). Berarti yang dari luar itu rapidnya sudah pasti," kata Ahmad. 

"Yang dari DKI dan sekitarnya atau yang tidak lewat jalur udara, kita rapid. Berlanjut hari ini, kita swab. Begitu pagi kita lakukan swab (tes usap?," ujar Ahmad menambahkan.

PSSI telah memanggil 29 pemain yang memperkuat timnas Indonesia senior. Sementara 46 lainnya akan diproyeksikan ke timnas U-19. Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Tidak Karantina

Pelatih kepala Shin Tae-yong telah tiba di Indonesia sejak Rabu lalu. Sebelumnya, Shin Tae-yong pulang ke negaranya, Korea Selatan menyusul pandemi virus Corona yang melanda dunia.  

Meski baru dari luar negeri, dia tidak diwajibkan menjalani karantina mandiri selama 14 hari. PSSI dan pemerintah memberi kebebasan baginya untuk segera bertugas menangani timnas Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Belum Seluruhnya Hadir

Meski demikian, belum seluruhnya pemain bisa hadir memenuhi panggilan ini. Empat pemain dari timnas senior sampai saat ini belum juga berkumpul dengan rekan-rekannya yang lain.

Keempatnya terdiri dari Illija Spasojevic, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay, dan Egy Maulana. Selain itu, satu pemain yang tiba di awal menurut Syarif tidak dalam kondisi prima.

"Untuk kondisi pemain, untuk sementara ini ada satu yang datang di awal itu sudah ada keluhan. Tapi kemarin kita sudah bawah untuk foto, cuma satu yang ada keluhan," kata Ahmad Nizar

 

4 dari 5 halaman

Jadi Contoh

Sementara itu, protokol kesehatan akan ditingkatkan selama pemusatan latihan timnas senior dan U-19 . Awak media juga tidak diizinkan meliput agenda TC demi menghindari penularan virus Corona.  

Untuk rapid tes, Ahmad mengatakan, akan diberlakukan sekali seminggu. Selain itu, pemeriksaan suhu juga rutin dilakukan saat para pemain makan. "Tiga kali makan, tiga kali kita lakukan cek," kata Syarif.

"Kemudian di lapangan, saat pemain turun kita minta pakai hand sanitizer, habis main, bahkan sampai minum kalau mau pegang botol harus hand sanitizer dulu. Selain itu, kita juga ada tim sterilisasi."

 

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Timnas Senior

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Timnas U-19

14 Oktober 2020: Indonesia vs Kamboja

14 Oktober 2020: Uzbekistan vs Iran

17 Oktober 2020: Iran vs Indonesia

17 Oktober 2020: Kamboja vs Uzbekistan

20 Oktober 2020: Uzbekistan vs Indonesia

20 Oktober 2020: Kamboja vs Iran

Piala Asia U-19 2020 akan berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.