Sukses

AC Milan vs Juventus, Ini Rapor Pemain yang Moncer dan Bapuk

Milan - AC Milanmenyuguhkan aksi comeback brilian saat melumat Juventus 4-2 pada lanjutan Serie A di Stadion San Siro, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. Pada laga tersebut, ada pemain yang tampil moncer, ada pula yang bapuk.

AC Milantertinggal dua gol terlebih dahulu dari Juventus, masing-masing melalui aksi Adrien Rabiot dan Cristiano Ronaldo. Namun, Rossoneri memperlihatkan kebangkitan luar biasa setelah itu.

Tuan rumah sukses membalikkan keadaan dan akhirnya menang 4-2 berkat gol-gol yang dicetak Zlatan Ibrahimovic, Franck Kessie, Rafael Leao, dan Ante Rebic.

Performa penggawa Juventus, terutama di lini pertahanan begitu buruk. Daniele Rugani dan Leonardo Bonucci menjadi aktor di balik buruknya pertahanan Bianconeri. Sementara di sisi AC Milan, performa Ante Rebic, Zlatan Ibrahimovic dan Franck Kessie begitu menonjol

Dan berikut adalah pemain yang moncer dan yang bapuk di laga AC Milan vs Juventus.

 

2 dari 9 halaman

Yang Bapuk: Daniele Rugani

Salah satu keputusan yang banyak dinilai sebagai blunder Maurizio Sarri pada laga ini adalah memainkan Daniele Rugani. Meskipun stok bek Juventus memang minim karena beberapa bek lain suspensi dan juga cedera.

Tak banyak mendapatkan ujian di babak pertama, petaka datang di babak kedua. Meskipun berperan penting atas intersep untuk menginisiasi gol pertama Juventus, Rugani justru berperan besar atas dua gol balasan AC Milan.

Performa ini menunjukkan Rugani masih belum bisa diandalkan di level tinggi seperti laga ini.

 

3 dari 9 halaman

Yang Bapuk: Leonardo Bonucci

Secara keseluruhan performa pertahanan Juventus memang tak sesolid biasanya. Melihat performa Bonucci, fans Juventus memang layak untuk kecewa.

Duetnya bersama Rugani sangat rentan diserang dan dilewati. Bonucci sendiri mengakibatkan penalti untuk memperkecil kedudukan. Setelah itu seperti kehilangan permainannya dan kebobolan tiga gol tambahan.

 

4 dari 9 halaman

Yang Bapuk: Alessio Romagnoli

Pertandingan melawan Juventus bisa jadi merupakan performa terburuk dari sang kapten.

Dua gol dari Juventus ada andil dari Romagnoli. Yang pertama ia gagal menghentikan Adrien Rabiot melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, yang kedua ketika terjadi salah paham kordinasi di pertahanan hingga akhirnya Ronaldo dengan bebas menaklukkan Donnarumma.

 

5 dari 9 halaman

Yang Bapuk: Danilo

Performa yang sangat jauh dari harapan ditunjukkan Danilo di sisi kiri pertahanan Juventus.

Sulit untuk mengingat banyak hal yang dia lakukan dengan baik di pertandingan ini. Alex Sandro sebenarnya lebih buruk ketika ia tampil dari bangku cadangan, tapi itu bisa dimaklumi pasca-cedera. Semakin sedikit Danilo bermain di sebelah kiri, tampaknya akan semakin baik untuk Juventus.

 

6 dari 9 halaman

Yang Moncer: Franck Kessie

Pertandingan melawan Juventus bisa jadi merupakan performa terbaik dari Kessie sejauh ini.

Berada di lini tengah, Kessie menunjukkan upaya tak kenal lelah menghentikan permainan Juventus dan pergerakan pemain mereka. Menjaga keseimbangan di lini tengah, dan mampu mematikan bola sebelum masuk ke pertahanan, meskipun kecolongan dua gol.

Secara ofensif ini juga menjadi permainan terbaik Kessie. Gol yang ia cetak menunjukkan kemampuannya membaca permainan, ketenangan saat membawa bola dan kecerdikannya mengecoh Bonucci sebelum mengeksekusi bola membuktikan hal itu.

 

7 dari 9 halaman

Yang Moncer: Ante Rebic

Rebic tampil luar biasa pada laga ini. Selalu terlibat dalam setiap serangan Rossoneri. Energi yang ia bawa untuk tim begitu krusial di momen-momen penting pertandingan. Yang pertama adalah ketika ia berperan atas penalti untuk Milan, untuk kemudian memberi assist pada Leao membawa Milan berbalik unggul 3-2.

Performa gemilangnya semakin lengkap ketika ia didorong lebih maju dan kemudian menutupnya dengan sebuah gol penentu. Performanya seperti gambaran kebangkitan AC Milan secara keseluruhan.

 

8 dari 9 halaman

Yang Moncer: Zlatan Ibrahimovic

Performa yang sangat positif setelah penampilan yang tak bisa dikatakan brilian.

Penalti brilian yang membawa Milan memperkecil skor menjadi awal kebangkitan Milan pada laga ini. Setelah itu, Ibrahimovic memberikan assist bagi Kessie untuk menyamakan kedudukan. Kehadirannya sangat penting bagi tim muda AC Milan.

Statistik Ibrahimovic untuk Milan pun menunjukkan betapa pentingnya Ibrahimovic. Penyerang asal Swedia tersebut telah terlibat dalam 8 gol dari 9 penampilannya sebagai starter di Serie A musim ini. Rinciannya adalah lima gol dan tiga assist.

 

9 dari 9 halaman

Yang Moncer: Cristiano Ronaldo

Tanpa kehadiran Paulo Dybala yang absen karena akumulasi kartu, Cristiano Ronaldo menjadi andalan dalam urusan gol Juventus.

Meskipun Cristiano Ronaldo mencetak gol hebat dalam hal teknik dan selalu mengancam baik ketika menguasai bola atau lewat pergerakan tanpa bolanya, dia tidak cukup membuat dampak yang diharapkan dalam pertandingan ini.

Ronaldo memikul terlalu banyak tanggung jawab di lini depan sendirian pada laga ini, karena penyerang yang lain nyaris tak memberikan ancaman ketika Paulo Dybala absen. Namun secara keseluruhan, kinerja Ronaldo tetap solid.

Sumber: dari berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Afdholud Dzikry, published: 8/7/2020)