Sukses

Ada Kemungkinan Liga Italia Serie A Dibatalkan

FIGC dan pemerintah Italia masih tak sejalan mengenai protokol keamanan.

Liputan6.com, Roma- Kelanjutan Liga Italia Serie A 2019-2020 masih menyisakan tanda tanya besar. Walau pandemi virus corona Covid-19 di Italia mulai mereda, belum ada kesepakatan antara pemerintah dengan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

FIGC dan pemerintah Italia masih tak sejalan mengenai protokol keamanan jika Liga Italia Serie A kembali dilanjutkan.

Protokol yang disampaikan oleh FIGC meliputi mengisolasi para pemain dalam suatu retret pelatihan, memberi mereka tes Swab COVID-19 dan tes darah secara rutin, struktur sanitasi dan membatasi personel di stadion.

Namun protokol dari FIGC itu itu dianggap "tidak memadai" oleh komite ilmiah Pemerintah yang dibentuk untuk menganalisis kembalinya praktik kerja.

Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora kini mengeluarkan ancaman jika tak ada kesepakatan soal protokol keamanan maka pemerintah Italia akan mengumumkan Serie A musim ini telah berakhir alias tak dilanjutkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar

"Inilah situasinya. Jika protokol disetujui oleh semua pihak, pelatihan akan dilanjutkan dan ini akan berdampak positif pada kemungkinan melanjutkan musim," kata Spadafora kepada RAI 3.

"Begitu pula sebaliknya, jika tidak ada kesepakatan tentang protokol keselamatan, Pemerintah akan mengeluarkan keputusan - karena keadaan darurat kesehatan masyarakat - bahwa musim telah berakhir, meskipun itu berarti menciptakan kondisi untuk memastikan dunia sepak bola tidak mengalami banyak kerugian. Pada dasarnya, kita akan mengambil tanggung jawab itu."

3 dari 3 halaman

FIGC

Bos FIGC Gabriele Gravina sendiri pada pertengahan pekan ini menyatakan tidak akan mau menghentikan Serie A 2019-2020. Menurutnya penghentian musim akan berarti kematian sepak bola.

Liga Italia direncanakan kembali bergulir akhir Mei 2020. Para pemain dijadwalkan akan bisa kembali berlatih pada 18 Mei 2020.

Jika dibatalkan, Liga Italia Serie A akan menyusul Liga Belanda dan Prancis yang sudah lebih dulu tak dilanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini