Sukses

Kurang Olahraga? Ini 5 Cara Untuk Bikin Perut Anda Tetap Langsing

Perut langsing ideal merupakan harapan banyak orang. Namun, untuk mendapatkannya perlu usaha. Cara ini bisa dipraktikkan andai Anda tak bisa rutin berolahraga.

Jakarta - Melakukan olahraga secara rutin tak dimungkiri merupakan kunci hidup sehat. Banyak manfaat yang diperoleh ketika kita rutin berolahraga setiap hari, termasuk menghindarkan kita dari persoalan perut buncit.

Hampir tak ada yang berharap memiliki perut buncit. Sebaliknya, perut langsing ideal merupakan harapan hampir semua orang. Agar terbebas dari perut buncit, berolahraga secara teratur serta menjaga pola makan sehat menjadi syarat utama.

Namun, untuk sekadar berolahraga 15-20 menit secara rutin setiap hari, bukan perkara mudah. Ada saja hal yang menyulitkan kita memenuhi target tersebut. Begitu pula dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat.

Bagi Anda yang memiliki kendala seperti di atas, mungkin bisa cara seperti direkomendasikan Dr.Dr. Anju Sood. Ahli gizi yang tinggal di Bangalore, India, ini memaparkan kita memang perlu menciptakan pola makan sehat dan olahraga rutin yang seimbang untuk mengurangi lemak perut.

Namun, beberapa perubahan sederhana dalam pola makan dan gaya hidup bisa membantu upaya kita untuk menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghindarkan kita dari persoalan perut buncit atau membantu mengoptimalkan upaya untuk memiliki perut langsing, seperti dilansir Bola.com dari Fimela, Rabu (22/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidur Cukup

1. Tidur Cukup

Pakar kesehatan menyarankan kita mendapat waktu delapan jam tidur setiap harinya. Kurang tidur akan membuat kita berisiko mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan.

Menurut penelitian yang dipimpin para peneliti di King’s College London, orang yang kurang tidur mengonsumsi rata-rata 385 kilo kalori tambahan per hari, yang setara dengan sekitar empat setengah lembar roti. Kurang tidur bisa memengaruhi nafsu makan kita dan memicu kita untuk makan berlebihan.

3 dari 6 halaman

2. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebihan akan menambah beban kerja lebih berat pada organ hati. Hal ini bisa memicu penumpukan lemak, khususnya pada penumpukan lemak di perut.

Batasi konsumsi gula dan makanan berpemanis. Setidaknya hindari makanan manis setelah lewat pukul 17.00.

 

4 dari 6 halaman

3. Minum Air Putih

Awali hari Anda dengan minum segelas air putih untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Minum cukup air putih akan mencegah makan berlebihan.

Selain itu, air putih hangat bisa membantu mencairkan lemak, khususnya lemak visceral. Lemak visceral adalah lemak yang terdapat di dalam rongga perut dan berada di sekitar hati, pancreas, dan usus.

5 dari 6 halaman

4. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Kunyah setiap makanan yang masuk ke mulut secara perlahan. Nikmati setiap kunyahan dan baru telan makanan saat sudah cukup lembut di mulut. Dengan cara ini, makanan akan tercerna lebih baik.

Selain itu, dengan makan perlahan, kita bisa lebih mudah mengenali kapan saatnya sudah berhenti makan karena sudah kenyang.

6 dari 6 halaman

5. Konsumsi Protein

Protein butuh waktu lama untuk dicerna sehingga membantu menjaga metabolisme tubuh. Mengonsumsi protein untuk makan malam seperti mengonsumsi telur dan ikan, tak hanya membuat kita kenyang, tetapi juga membantu membentuk otot-otot tubuh.

Imbangi juga dengan konsumsi serat yang cukup dari buah-buahan dan sayuran. Serat membantu menjaga tubuh terbebas dari racun dan mencegah konstipasi.

  • Mengatur dan memiliki kebiasaan-kebiasaan sehat bisa membantu kita mendapatkan perut langsing. Saat rutinitas belum memungkinkan kita dapat olahraga teratur, mengatur pola makan menjadi hal penting yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan.

 

Sumber asli: Food.ndtv

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Endah Wijayanti. Published: 17/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini