Sukses

6 Kegunaan Protein bagi Tubuh, Bagus untuk Kesehatan Jantung

Berikut enam kegunaan protein untuk tubuh kita.

Jakarta- Ketika mendengar protein mungkin yang pertama ada di pikiran Anda adalah berbagai macam makanan sehat. Protein memang termasuk satu di antara nutrisi yang sering ditemukan dalam makanan sehari-hari.

Nutrisi ini sangat penting pagi tubuh. Protein berasal dari bahasa yunani proteos yang artinya adalah utama, maka wajar bahwa nutrisi ini menjadi hal utama yang harus didapatkan tubuh.

Protein sangat melimpah di dalam sel tubuh. Selain itu, tubuh dapat menghasilkan protein dalam banyak bentuk dengan memanfaatkan berbagai makanan yang sering kita konsumsi.

Protein terdiri dari asam amino yang bergabung bersama dan membentuk rantai panjang. Setiap jaringan dalam tubuh kita mengandung protein, mulai dari otot, kulit, hingga rambut.

Anda dapat mendapatkan manfaat protein ini dengan mengonsumsi daging secara rutim. Produk seperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur dapat memberikan asupan protein bagi Anda.

Namun mendapatkan protein tidak hanya dari sumber makanan daging, Anda juga mendapatkan protein non-hewani dari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti, kacang almond, biji gandum, dan biji kinao.

Ada beberapa manfaat protein bagi tubuh kita mulai dari sumber energi bagi tubuh kita dan memperbaiki jaringan tubuh.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Healthline dan The Protein Works, 7 manfaat protein bagi tubuh yang harus Anda ketahui. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Banyak ahli mengatakan protein tidak baik untuk tulang, karena meningkatkan asam di dalam tubuh yang dapat menghilangkan kalsium pada tulang.

Namun, faktanya adalah protein memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tulang. Orang yang mengonsumsi banyak protein cenderung menjaga massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Dengan bertambahnya usia seseorang memiliki risiko terkena gangguang tulang seperti osteoporosis. Selain itu protein juga dapat mengobati tulang yang patah.

2. Meningkatkan Massa dan Kekuatan Otot

Protein adalah nutrisi yang membangun otot-otot pada tubuh Anda. Alhasil, mengonsumsi protein secara rutin dapat membantu Anda mempertahankan massa otot dan meningkatkan kekuatan otot saat melakukan latihan fisik.

Selain itu protein juga dapat membantu Anda menjaga jaringan tubuh yang sehat seperti ligamen dan tendon.

Untuk Anda yang sering melakukan latihan fisik seperti mengangkat beban dan mencoba menambah massa otot, maka protein menjadi hal yang wajib Anda konsumsi secara rutin.

 

3 dari 4 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Protein adalah zat yang dapat membantu Anda merasa cepat kenyang dengan sedikit mengonsumsi makanan. Beberapa penelitian memperlihatkan orang yang mengonsumsi lebih banyak protein akan lebih sedikit menambah kalori.

Dengan hal itu mengonsumsi lebih banyak protein daripada karbohidrat akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Anda dapat memulainya dengan mengurangi nasi atau kentang yang sering dikonsumsi, dan menambahkan lebih banyak daging dan ikan.

4. Meningkatkan Metabolisme

Mengonsumsi makanan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, untuk sementara waktu.

Hal tersebut terjadi karena tubuh menggunkan kalori yang didapat untuk mencerna dan memanfaatkan nutrisi dalam makanan. Kejadian tersebut disebut dengan efek termal makanan.

Namun tidak semua makanan bekerja dengan porsi yang sama. Protein lebih memiliki efek termal yang lebih tinggi daripada karbohidrat dan kalori.

Mengonsumsi banyak protein telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, selain itu juga dapat membakar lebih banyak kalori yang ada di dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Kondisi Jantung

5. Menyehatkan Kondisi Jantung

Mempertahankan kadar gula yang seimbang dalam tubuh sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung, seperti masalah diabetes dan obesitas.

Dengan mengganti asupan karbohidrat Anda menjadi protein, maka Anda akan mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh , yang merupakan penyebab dari obesitas. Hal tersebut dapat membantu menjaga kondisi kesehatan jantung Anda.

6. Membantu Tubuh Menyembuhkan Luka

Jika memiliki luka gores atau luka karena terjatuh, konsumsilah lebih banyak protein agar luka Anda menjadi cepat sembuh. Protein dapat membantu tubuh Anda untuk menyambuhkan luka.

Protein yang Anda konsumsi setalah mengalami cedera atau luka, akan membentuk blok dan membangun jaringan organ pada tubuh Anda.

 

Sumber : Healthline dan The Protein Works

Disadur dari Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini