Sukses

7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Berbagai Tempat

Liputan6.com, Jakarta- Kita harus tahu cara mencegah penyebaran virus corona covid-19 yang kini jadi pandemi ini. Bahkan, di Indonesia pun virus ini sudah mulai mengancam jiwa.

Ada beberapa langkah pencegahan penyebaran virus Corona covid-19. Untuk mencegah bertambahnya kasus virus Corona di Tanah Air, masyarakat Indonesia diminta untuk tidak panik dan terus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. 

Meskipun diam di rumah menjadi hal yang tepat dalam melakukan pencegahan penyebaran, namun ada beberapa kegiatan sehari-hari di luar rumah yang tidak bisa dilewatkan.

Ketika kondisi atau kegiatan mengharuskan kamu untuk beraktivitas di luar rumah, maka kamu perlu mengetahui cara mencegah penyebaran virus Corona ketika di luar rumah. Penularan virus yang dapat terjadi antar manusia ke manusia lewat droplet ini perlu selalu diwaspadai.

Berikut cara mencegah penyebaran virus Corona covid-19 di tempat umum yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020).

2 dari 9 halaman

Melakukan Social Distancing

Cara mencegah penyebaran virus Corona pertama dengan melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial. Langkah ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh sejumlah negara dalam penanganan virus Corona.

Social distancing merupakan tindakan yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang merupakan badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar-manusia.

Dilansir dari voanews, dampak suksesnya praktek social distancing di Korea Selatan, negara ini tak perlu melakukan lock down. Social distancing dinilai bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona karena virus ini menular antarmanusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk.

Dalam menjalani social distancing, kamu dapat menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan dianjurkan tidak berjabat tangan atau berpelukan saat bertemu orang lain.

3 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Kantor

Cara mencegah penyebaran virus Corona di kantor dengan menggunakan masker. Pada situasi apapun yang mengharuskan dan melibatkan orang-orang berkumpul, memakai masker merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dari infeksi akibat Covid-19.

Hal ini dikarenakan virus dapat menyebar melalui percikan cairan yang dapat terhirup. Para pakar pengendalian penyakit menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker selama bekerja. Kecuali tidak ada orang lain di dalam ruangan, maka kamu tidak perlu mengenakannya.

Selain mengenakan masker, kantor juga perlu menerapkan pertukaran udara dan sterilisasi rutin. Lengkapi kantor dengan cairan pembersih tangan dan disinfektan lainnya, serta sediakan masker untuk angota kantor.

Ketika menggelar rapat, pastikan ruang rapat memiliki ventilasi yang baik. Membersihkan dan melakukan disinfeksi pada permukaan meja, gagang pintu, dan lantai sebelum dan sesudah rapat. Kurangi jumlah dan durasi rapat, membatasi kehadiran dan memperbesar jarak antarkaryawan, serta memastikan menggunakan masker.

4 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Tempat Makan

Cara mencegah penyebaran virus Corona di tempat makan bisa dengan mengenakan masker. Ketika hendak memesan makanan, kamu bisa memakai masker untuk mengurangi penyebaran virusnya.

Pilih tempat duduk dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Alangkah baiknya duduk berjauhan dari pelanggan lain dan menghindari percakapan dengan orang tidak dikenal.

Pastikan bagian dalam masker tetap terjaga bersih ketika melepasnya untuk makan. Kalau tempat makan yang kamu kunjungi ramai, lebih baik memesannya untuk dibawa pulang.

5 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Pusat Perbelanjaan

Frekuensi pergi ke pusat perbelanjaan atau pasar swalayan sebaiknya dilakukan seminim mungkin. Kurangi waktu berada di keramaian atau tempat-tempat tersebut. Kamu juga perlu menjaga jaga aman dengan pembeli lain, minimal 1 meter lebih.

Cara mencegah penyebaran virus Corona juga menyarankan untuk menggunakan metode pembayaran elektronik. Pastikan selalu mengenakan masker dan cuci tangan dengan benar setelah bepergian dan melakukan transaksi jual-beli.

6 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Lift

Cara mencegah penyebaran virus Corona ketika berada di lift dengan menjaga jarak dengan orang lain. Kamu disarankan untuk menjaga jarak dari satu orang dengan orang lainnya ketika kondisi mengharuskan menggunakan lift.

Hindari kontak langsung dengan besi pegangannya. Selain itu, pastikan untuk tidak menekan tombol lift dengan tangan secara langsung atau tangan telanjang. Kamu bisa menekan tombol menggunakan siku atau melapisi tangan dengan kain.

7 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona pada Ibu Hamil

Wanita hamil tentunya akan melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Pada kondisi ini, rumah sakit sebaiknya menyediakan pintu masuk dan keluar khusus untuk bagian kebidanan.

Jadwal pemeriksaan kehamilan juga harus disesuaikan secara fleksibel sesuai kebutuhan masing-masing orang. Jika memungkinkan, kamu bisa konsultasi kehamilan via internet atau telepon untuk mengurangi penyebaran virus Corona di rumah sakit.

8 dari 9 halaman

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Rumah Sakit

Cara mencegah penyebaran virus Corona di rumah sakit sama dengan cara lainnya di atas. Jika bukan dalam keadaan darurat, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Pastikan kamu atau anak-anak memakai masker selama berada di rumah sakit dan hindari menyentuh benda-benda dengan tangan telanjang. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan wajah dengan menyeluruh ketika selesai dari rumah sakit atau setibanya di rumah.

(Nisa Mutia Sari/Nanang Fahrudin)

9 dari 9 halaman

Saksikan Video terkait Corona Covid-19 di Bawah Ini

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading
Artikel Selanjutnya
Masih Cedera, Marc Marquez Diyakini Tetap Garang di MotoGP 2020
Artikel Selanjutnya
Perangi Virus Corona Covid-19, Chelsea Gratiskan Hotel untuk Petugas Medis