Sukses

12 Pesepakbola Top Ini Kontraknya Habis Tahun Depan, Bursa Transfer Memanas

Madrid - Klub-klub di Premier League, La Liga, Serie A, hingga Bundesliga mulai berancang-ancang menyusun daftar belanja pemain untuk bursa transfer musim depan. Meskipun kompetisi musim ini baru berjalan beberapa bulan, tim-tim tampaknya sudah melihat sektor mana yang terlihat harus dibenahi. 

Jika ingin mendapat pemain yang benar-benar berkualitas dan jempolan, klub-klub tersebut harus menyiapkan dana besar di bursa transfer musim panas tahun depan. Pemain papan atas jelas dibanderol tinggi. 

Gelandang Manchester United Paul Pogba, pemain Real Madrid Gareth Bale, hingga dua bintang Paris Saint-Germain Neymar dan Kylian Mbappe, diprediksi kembali meramaikan bursa transfer musim depan. 

Paul Pogba masih menjadi incaran Real Madrid, dan mungkin Juventus. Neymar dipastikan akan kembali dikaitkan dengan kepindahan ke Barcelona. 

Namun, ada alternatif lain untuk mendapatkan pemain mumpuni tapi tetap bisa berhemat. Klub-klub harus jeli melihat pemain-pemain yang akan habis kontrak pada tahun depan dan tentu saja bursa transfer akan seru tahun depan. 

Siapa saja mereka? Berikut ini 12 pemain papan atas yang kontraknya habis pada musim depan alias berstatus bebas transfer, seperti dilansir Four Four Two

2 dari 13 halaman

1. Edinson Cavani (PSG)

Setelah dipaksa berperan sebagai  pemain bayangan bagi Zlatan Ibrahimovic pada awal-awal kariernya di PSG, Edinson Cavani kemudian menjadi pusat perhatian pada 2016. Dia bermain gemilang dengan mencetak 49 gol dalam 50 pertandingan. Semusim berselang, dia melesakkan 40 gol dalam 45 laga. 

Pemain asal Uruguay tersebut kemudian kembali jadi bayang-bayang setelah Kylian Mbappe dan Neymar digaet PSG pada 2017. Sang pemain akan berstatus bebas transfer pada Juni 2020, dan tampaknya akan mencari tantangan baru di luar PSG. 

 

3 dari 13 halaman

2. Dries Mertens (Napoli)

Dries Mertens baru-baru ini menggeser posisi Diego Maradona dari daftar scorer sepanjang masa Napoli, dan hanya berjarak lima gol dari Marek Hamsik di posisi teratas. Pemain asal Belgia tersebut seharusnya memecahkan rekor tersebut pada musim ini.

Jika bisa melakukannya, maka Mertens akan merasa kiprahnya di Naples sudah komplet berbarengan dengan habisnya kontraknya. 

Penyerang berusia 32 tahun hampir mendekati akhir kariernya. Tapi Mertens belum menunjukkan tanda-tanda melambat dalam urusan mencetak gol. Dia telah mengoleksi tujuh gol dalam 10 laga musim ini. 

Jika Napoli tak kunjung memberikan kontrak baru, maka tim-tim besar Eropa lainnya bisa memanfaatkan situasi itu. 

 

4 dari 13 halaman

3. Blaise Matuidi (Juventus)

Blaise Matuidi dihubung-hubungkan dengan Manchester United pada musim panas 2018 dan bisa kembali menjadi target Setan Merah jika Juventus tak segera menyodorkan kontrak baru. 

Sosok Matuidi yang berpengalaman bisa menjadi tambahan berpengaruh di Old Trafford. Dia dikenal sebagai pemain yang pekerja keras dan serbaguna, dan tak keberatan berkorban demi kebaikan tim. 

 

5 dari 13 halaman

4. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)

Karier Christian Eriksen di Tottenham Hostpur mendekati akhir yang pedih. Musim ini Spurs tampil jeblok dan dirinya tak masuk dalam skema tim utama Maurico Pochettino. Padahal, musim lalu Eriksen jadi bagian penting Spurs saat mencapai final Liga Champions. 

Kontrak Eriksen di Tottenham habis pada musim panas tahun depan. MU dikabarkan kembali ingin mencoba menggaet sang pemain, namun Eriksen disebut-sebut lebih tertarik pindah ke Real Madrid atau Barcelona. Bayern Munich dan Juventus juga dikabarkan tertarik, dan kemungkinan akan memulai negosiasi pada Januari 2020. 

 

6 dari 13 halaman

5. Eric Bailly (Manchester United)

Beberapa waktu lalu Eric Bailly disebut-sebut sebagai bek tengah masa depan Manchester United, tapi beberapa rentetan cedera buruk membuat sang pemain kemungkinan dilepas pada musim panas tahun depan. 

Namun bukan berarti karier Bailly di Premier League juga bakal berakhir. Dia masih punya potensi untuk menarik minat klub-klub lain di Premier League. 

Pada Agustus lalu, ada kabar MU akan menawarkan kontrak baru demi menjaga nilai sang pemain. Tapi, sejak itu tak ada perkembangan apa pun. Alhasil, mantan pemain Villarreal itu akan berstatus bebas transfer dalam delapan bulan mendatang.  

 

7 dari 13 halaman

6. Mario Gotze (Borussia Dortmund)

Mario Gotze saat ini masih berusia 27 tahun. Dia punya karier menjanjikan sejak masih remaja, serta memancing kontroversi ketika memutuskan meninggalkan Borussia Dortmund dan hijrah ke Bayern Munchen pada 2013. Dia kemudian balik ke Signal Iduna Park, kandang Dortmund, tiga tahun berselang. 

Salah satu capaian hebat dalam kariernya adalah mencetak gol penentu kemenangan Jerman atas Argentina pada final Piala Dunia 2018. 

Penyakit gangguan metabolisme sempat mengancam karier sang gelandang serang, tapi sekarang dia sudah kembali bubar. Jika Dortmund tak menyodorkan kontrak baru, pindah ke Premier League bisa menjadi opsi. 

 

8 dari 13 halaman

7. Pedro Rodriguez (Chelsea)

Jika Pedro harus meninggalkan Chelsea pada akhir musim ini, kembali ke Spanyol kemungkinan jadi opsi terbaik. Pengalaman sang pemain akan membuatnya menjadi aset yang menggiurkan bagi sebagian besar klub La Liga. Pedro merupakan pemain yang mengoleksi enam gelar liga, tiga trofi Liga Champions, satu titel Liga Europa, dan empat piala domestik selama memperkuat Chelsea dan Barcelona.  

Namun, bukan tidak mungkin Pedro ingin tetap bertahan di Premier League. Dia mungkin tak lagi mampu menjadi starter tiap pekan, atau sudah melewati titik tertinggi dalam kariernya. Namun, pemain berusia 32 tahun itu jelas-jelas tipe pemain yang disukai pelatih untuk berada dalam timnya. 

 

9 dari 13 halaman

8. Luka Modric (Real Madrid)

Luka Modric telah berusia 34 tahun pada September 2019, dan ada tanda-tanda kekuatannya mulai menurun. Namun, meski tak lagi di puncak kariernya, bukan berarti dia sudah habis. 

Pemain yang sudah memenangi berbagai gelar bergengsi di Real Madrid itu kemungkinan akan meninggalkan Bernabeu saat kontraknya habis tahun depan. AC Milan dan Inter Milan dikabarkan tertarik merekrutnya, tapi kemungkinan tim-tim Premier League akan ikut dalam persaingan memperebutkan Modric. 

 

10 dari 13 halaman

9. Ever Banega (Sevilla)

Kali terakhir kontraknya di Sevilla habis, Banega gabung Inter Milan pada musim panas 2016. Pemain Argentina itu kemudian kembali lagi ke Sevilla setahun berselang. Tapi, kemungkinan dia akan kembali pergi pada musim panas tahun depan. 

Gelandang kreatif yang punya pengalaman selama satu dekade di La Liga itu belum memberikan kode tentang masa depannya. Klub-klub Premier League diyakini akan tertarik memboyong sang pemain. 

 

11 dari 13 halaman

10. Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur)

Sang pemain tampil apik bersama Tottenham Hotspur dalam beberapa tahun terakhir. Bek tengah tersebut diyakini akan menarik minat banyak klub ketika berstatus bebas transfer pada Juni 2020.  

Seperti mayoritas rekan-rekan setimnya di Spurs, dia tak mencatat performa apik pada awal musim 2019-2020. Namun, dia punya tabungan tampilan apik dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, Toby Alderweireld diyakini bisa dengan mudah menemukan pelabuhan baru jika kontraknya di Spurs tidak diperpanjang. 

 

12 dari 13 halaman

11. Willian (Chelsea)

Sulit membayangkan Willian berganti jersey ke klub lain di Premier League setelah sekian lama memperkuat Chelsea. Tapi, hal serupa pernah diungkapkan terhadap David Luiz (salah satu sahabat terbaik Willian) sebelum pindah ke Arsenal musim panas lalu. 

Willian terang-terangan mengaku ingin bertahan di Stamford Bridge. Tapi Chelsea belum mengambil keputusan karena Frank Lampard tampaknya lebih suka mempromosikan pemain-pemain muda. Bereuni kembali dengan David Luiz di London Utara mungkin bisa jadi opsi yang masuk akal. 

 

13 dari 13 halaman

12. Thomas Meunier (PSG)

Dalam sebuah wawancara Thomas Meunier mengaku lebih suka memperpanjang kontrak di PSG. Tapi, negosiasi belum juga dimulai. Artinya, PSG punya pandangan berbeda dengan Meunier. 

Jika kedua kubu tak mencapai kesepakatan, klub-klub Premier League tampaknya akan senang hati mengambil kesempatan. Manchester United dan Arsenal pernah dihubungkan dengan sang pemain. Bisa jadi kedua klub akan kembali mencoba menggoda Meunier. 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 4/11/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Playmaker Calon Suksesor Luka Modric di Lini Tengah Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Luka Jovic Harus Sabar Menanti Kesempatan Main di Real Madrid