Sukses

Lika-Liku Perjuangan Kiper Muslim Menembus Skuat MU

Liputan6.com, Manchester - Kiper legendaris John Burridge, belum lama ini, membeberkan kisah tentang mantan anak didiknya yang nyaris bergabung dengan Manchester United (MU). Namun, rencana MU inginmengontrak kiper Oman saat itu, Ali Al-Habsi, gagal, karena tidak bisa mendapatkan izin kerja.

Burridge menemukan Al-Habsi muda selama masa kepelatihannya di Oman. Ia membimbingnya sebelum mencoba membuatnya pindah ke Liga Inggris, termasuk ke MU, pada awal 2000-an.

Burridge sempat menjelaskan lika-likunya menawarkan Al-Habsi kepada MU. Mantan kiper Manchester City itu, mengungkapkan bahwa ia langsung menghubungi mantan manajer MU SirAlex Ferguson dan merekomendasikan Al-Habsi kepada pria Skotlandia itu.

"Saya katakan pada dia, Anda akan pergi untuk uji coba di Inggris, Nak! Anda mungkin akan langsung ke klub atas," katanya.

Burridge harus sabar menunggu agar bisa menghubungi Ferguson. Ia mencoba menghubungi manajer MU saat itu lewat telepon dan memberi tahu tentang prospek penjaga gawang yangtelah dia didik.

2 dari 4 halaman

Diterima Seorang Wanita

“Aneh ketika aku menelepon Carrington. Saya diterima oleh seorang wanita. "Namaku John Burridge, saya bermain sepak bola di tahun 70-an, 80-an dan 90-an." Tapi, dia tidakmengenali saya dan berkata: "Beri aku waktu sebentar."

"Wanita lain datang, dia juga tidak tahu siapa aku. Please..saya perlu berbicara dengan Alex. Katakan saja padanya itu Budgie, ini nomor saya," katanya. Dia menjawab:"Itu nomoryang aneh. Di mana Oman? "

"Beberapa jam kemudian Alex menelepon. "Apa yang kamu inginkan, Budgie? "Aku punya kiper untukmu, Alex," balas Burridge.

"Seberapa besar dia?"

"Dia enam kaki, lima".

"Apakah dia gila seperti kamu?"

"Dia lebih gila dariku, Alex."

"Kirim dia," kata Ale Ferguson.

3 dari 4 halaman

Terganjal Izin Kerja

Burridge kemudian menutupi ongkos penerbangan Al-Habsi ke Inggris. Sementara MU membayar biaya hotelnya.

“Saya membayar tiket pesawat dan semua tagihan hotelnya diselesaikan oleh ManchesterUnited. Mereka ingin mengontraknya tetapi dia tidak bisa mendapatkan izin kerja. "

Selain MU, Manchester City juga tidak bisa menyelesaikan masalah izin kerja meskipun ingin merekrutnya. Akhirnya bos Bolton Sam Allardyce menyarankan Burridge untuk membawa Al-Habsi ke Norwegia dengan masa pinjaman sebelum berhasil mendapatkan izin kerja.

4 dari 4 halaman

Muslim Taat

Al-Habsi kemudian bermain untuk Bolton, Wigan, Brighton dan Reading di Inggris dan saat ini di West Brom. Ia telah membuat 225 penampilan gabungan di Liga Premier dan berbagaikompetisi sejak tiba di Inggris.

Legenda Oman ini juga dikenal sebagai seorang Muslim yang taat, dengan keluarga bersahaja yang terdiri dari istri dan tiga anak perempuan.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Klub Ini Bisa Jadi Pilihan Marcus Rojo Jika Didepak Manchester United
Artikel Selanjutnya
Sudah Unggul Jauh, Liverpool Harus Tetap Membumi