Sukses

Raptors Juara, Rating NBA Cetak Rekor di Kanada

Liputan6.com, Jakarta Toronto Raptors menjadi tim di luar Amerika Serikat pertama yang berhasil menjuarai NBA. Raptors yang berasal dari Kanada merajai NBA 2018-2019 setelah membungkam juara bertahan Golden State Warriors.

Raptors mengunci gelar juara NBA setelah memenangi pertarungan enam gim dengan Warriors di NBA Finals 2019. Small forward Kawhi Leonard menjadi MVP di partai final. 

Pasukan Nick Nurse menjuarai NBA di percobaan pertama tampil di final. Kesuksesan Raptors berlaga di NBA Finals membuat rating kompetisi pimpinan Adam Silver itu melejit di Kanada.

Keberhasilan Raptors memang tak hanya dirayakan warga Toronto tapi seluruh Kanada. Seperti dikutip dari Yahoo Sports, 44 persen populas di Kanada menyaksikan NBA Finals 2019.

Besarnya dukungan publik membuat NBA Finals 2019 memecahkan rekor rating TV di Kanada. Gim keempat ditonton 4,63 juta penonton alias memecahkan rekor Super Bowl tahun ini.

Jumlah penonton TV terus melonjak dari gim kelima hingga gim keenam. Pada gim kelima, penonton di Kanada 6,4 juta. Sedangkan di gim keenam 7,7 orang menonton lewat televisi.

 

2 dari 2 halaman

Laris Manis

Jika di Kanada rating TV melonjak, di Amerika Serikat menurun drastis. Rating TV NBA Finals 2019 di Amerika turun 15 persen di banding tahun lalu dan merupakan yang terendah sejak 2009.

Di Kanada, tak hanya rating TV yang melonjak, penjualan merchandise Raptors juga laris manis. Toko resmi Raptors di Scotiabank Arena sampai menerapkan buka-tutup dan terlihat antrean panjang. Penjualan merchandise secara online juga melonjak 80 sampai 100 persen.

Loading
Artikel Selanjutnya
Demo NBA 2K20 Sudah Bisa Diunduh Gratis
Artikel Selanjutnya
Minim Bintang Utama NBA, Ini Skuat Amerika di Piala Dunia FIBA 2019