Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Gelandang Era Keemasan Timnas Inggris Gantung Sepatu

Liputan6.com, Jakarta Mantan gelandang Timnas Inggris, Joe Cole, akhirnya pensiun sebagai pemain sepak bola. Pria yang sudah berusia 37 tahun tersebut mengakhiri kariernya, Selasa, (13/11/2018).

Lebih dari 700 pertandingan sudah dilakoni Joe Cole bersama tujuh klub termasuk, West Ham United dan Chelsea. Selanjutnya, Cole pun ingin menjajal dunia kepelatihan.  

"Setelah 20 tahun sebagai pemain profesional, ini waktunya bagi saya untuk gantung sepatu. Ini mimpi yang jadi kenyataan. Semuanya," kata Cole seperti dilansir NDTV.com. 

Joe Cole mengawali karier profesionalnya pada tahun 1998. West Ham United menjadi klub pertama yang dibelanya. Hingga pensiun, Cole telah bermain sebanyak 716 kali dan mencetak 104 gol. Sedangkan bersama Timnas Inggris, Cole bermain sebanyak 56 kali. 

Debutnya bersama Three Lions dilakoni saat berusia 19 tahun. Dia adalah bagian generasi emas timnas Inggris bersama, David Beckham, Wayne Rooney, Rio Ferdinand, Paul Scholes, Michael Owen, dan Steven Gerrard, plus dua alumni Chelsea, John Terry dan Frank Lampard. 

Sementara Tampa Bay Rowdies, klub divis II Liga Sepak Bola AS jadi pelabuhan terakhir Cole. "Apapun selanjutnya, saya harap dua dekade ke depan sama spesialnya dengan momen 20 tahun yang saya lalui sebagai pemain," beber Joe Cole menambahkan.  

 

 

 

2 dari 2 halaman

Ditempa Palu, Bersinar di Chelsea

Selama 20 tahun berkarier di lapangan hijau, Cole sempat merasakan tiga gelar Premier League. Seluruhnya diraih saat Cole masih memperkuat Chelsea. Meski demikian, Cole sebenarnya pemain yang ditempa 'palu' West Ham United. Dia sudah bergabung dengan The Hammers sejak usia 8 tahun, bermain sebanyak 187 pertandingan, dan mencetak 18 gol. 

Saat usianya 17 tahun, nama Cole naik daun dan dipecaya sebagai kapten West Ham United pada 17 Januari 1999. Namun Cole akhirnya pindah saat Hammers degradasi. Dia melanjutkan karier di Chelsea dan masuk era keemasan Jose Mourinho di Stamford Bridge. 

Di bawah Mourinho, Cole ikut mengakhiri paceklik gelar Chelsea yang sudah berusia 50 tahun dengan merebut gelar Premier League 2004/05. "Memenangkan trofi bersama Chelsea sangat spesial bagi saya. Kenangan itu akan hidup bersama saya selamanya, seperti halnya kesempatan saya membagikannya dengan keluarga saya," ujar Joe Cole. 

"Saya beruntung telah bermain dengan beberapa pemain terbaik di era saya dan lebih beruntung memanggil banyak dari mereka teman," kata Joe Cole. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Manajer Chelsea Ungkap Alasan Lebih Pilih Tammy Ketimbang Giroud
Artikel Selanjutnya
Luiz Akui Tak Cocok dengan Gaya Lampard di Chelsea