Sukses

Saingi UEFA Nations League, FIFA Ingin Bikin Piala Dunia Mini

Liputan6.com, Zurich - Presiden FIFA, Gianni Infantino ingin memperkenalkan 'mini World Cup' yang akan meniru format UEFA Nations League (UNL) yang sudah berjalan sejauh ini. Dia juga ingin mengembangkan kompetisi FIFA's Club World Cup.

FIFA akan menggelar pertemuan di Kigali, Rwanda untuk membahas dua usulan turnamen itu. Usulan yang menurut sebagian pihak sangat berisiko, khususnya soal Mini World Cup itu.

Salah satu pihak yang mengkritik keras niat FIFA justru presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Ia menuding FIFA hanya ingin mengeruk uang dengan membuat kompetisi tersebut.

Menurutnya, kompetisi itu adalah cara kejam dan jahat untuk meraup pundi-pundi uang. Bahkan Ceferin menuding FIFA telah melukai sepak bola.

Turnamen ini berpotensi sangat menguntungkan untuk FIFA. Berbeda dengan UNL, yang menurut Infantino telah didukung dengan banyak investor besar.

Selain itu, kompetisi baru itu mungkin akan mengganggu kalender internasional yang sudah dirancang untuk beberapa tahun ke depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Format Turnamen

Sementara ini, rencananya kompetisi itu akan melibatkan delapan tim internasional dan bermain setiap dua tahun sekali sebagai tambahan dari ajang yang sudah ada.

Turnamen ini, yang dikenal dengan 'Final 8' akan menjadi klimaks dari kompetisi Nations League yang berlangsung setiap Oktober dan November setiap tahun ganjil dimulai pada 2021. Hal ini akan membuat Piala Konfederasi dihapuskan.

Selain itu, Club World Cup alias Piala Dunia antar Klub juga akan dibuat lebih kompetitif. Sejauh ini Piala Dunia antar Klub hanya melibatkan tujuh tim setiap tahunnya. Namun dalam proposal baru itu, ada usulan memperlebar jumlah tim menjadi 24 dan bermain empat tahun sekali.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.