Sukses

MotoGP Thailand Jalan Marc Marquez Menuju Juara Dunia

Liputan6.com, Buriram - Marc Marquez akan menandai balapan pertamanya di MotoGP Thailand di Sirkuit International Chang, akhir pekan ini. Pembalap tim Repsol Honda kian termotivasi untuk meneruskan catatan kemenangan pasca meraih podium pertama di GP Aragon.

Tambahan 25 poin di Aragon semakin mengukuhkan posisi Marquez di puncak klasemen MotoGP yang saat ini mengoleksi total 246 angka. Pembalap berjuluk Baby Alien itu unggul 72 poin dari pesaing terdekatnya Andrea Dovizioso.

Secara matematis peluang Marquez untuk menambah koleksi gelar juara dunia di kelas MotoGP musim ini sangat terbuka. Dari 125 poin yang tersedia di lima balapan terakhir, pembalap berpaspor Spanyol itu hanya membutuhkan 54 angka untuk meraih stempel juara dunia.

Penggemar di Thailand akan menjadi saksi hidup perjalanan Marquez menuju panggung juara dunia. Kemenangan akhir pekan ini menjadi target yang tak bisa ditawar oleh kakak kandung Alex Marquez tersebut.

Menilik rekam jejak motor RC213V Honda yang dikendarai Marquez di Sirkuit International Chang cukup mengesankan. Selama tes pramusim, jawara bertahan MotoGP keluar sebagai yang tercepat di hari kedua. Sementara rekan setimnya Dani Pedrosa tampil kompetitif di hari ketiga.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 dari 3 halaman

Sejarah Honda

Artinya, tim Honda bakal menjadi favorit untuk memenangkan balapan di Thailand. Jika skenario ini berjalan sesuai rencana maka pabrikan Jepang bakal mencatatkan sejarah sebagai tim pertama yang menang di Thailand pada ajang MotoGP.

Hanya tim Ducati Corse yang bisa menunda perayaan gelar Marquez hingga balapan terakhir di GP Valencia. Fakta itu pantas diutarakan mengingat pada balapan paruh kedua baik Dovizioso dan Jorge Lorenzo selalu tampil kompetitif.

Untuk memangkas jarak 72 poin dalam lima balapan itu mustahil. Satu-satunya peluang hanya kalau dia absen, tapi itu juga berat. Realistis saja, kami tak akan bisa menang. Apapun bisa terjadi dalam balapan, dan secara matematis masih mungkin, tapi sepertinya tak akan terjadi," kata Dovizioso.

(David Permana)

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez 246 poin

2. Andrea Dovizioso 174

3. Valentino Rossi 159

4. Jorge Lorenzo 130

5. Maverick Vinales 130

6. Cal Crutchlow 119

7. Danilo Petrucci 119

8. Johann Zarco 112

9. Andrea Iannone 108

10. Alex Rins 92

11. Dani Pedrosa 87

12. Jack Miller 68

13. Alvaro Bautista 64

14. Tito Rabat 35

15. Pol Espargaro 32

16. Franco Morbidelli 31

17. Aleix Espargaro 29

18. Hafizh Syahrin 24

19. Bradley Smith 18

20. Takaaki Nakagami 18

21. Scott Redding 12

22. Mika Kallio 6

23. Karel Abraham 5

24. Michele Pirro 1