Sukses

5 Pemain Bintang yang Tidak Pernah Tersentuh Kartu Merah

Meski terlibat dalam olahraga penuh duel fisik, kartu merah tidak pernah sekalipun mampir ke karier mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan kartu kuning atau merah adalah hal biasa di sepak bola. Maklum, sebagai olahraga yang mengandalkan fisik, sepak bola banyak mempertontonkan duel badan yang tidak jarang berujung pelanggaran.

Namun demikian, dari sekian banyak pemain sepak bola, ada segelintir pemain yang tak pernah sekalipun mencicipi kartu merah. Padahal, karier mereka di sepak bola tidaklah sebentar.

Entah bagaimana caranya, para pemain ini selalu luput dari kartu merah meskipun mereka pasti pernah membuat pelanggaran saat bermain.

Tak ayal, keberhasilan mereka luput dari kartu merah ini masuk ke dalam buku sejarah sepak bola. Seperti dilansir Footy Jokes, berikut lima pemain yang tak pernah mendapatkan kartu merah sepanjang kariernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Damien Duff

1. Damien Duff

Damien Duff banyak menghabiskan kariernya di Liga Inggris. Di liga yang penuh benturan dan sangat menguras fisik ini, Duff tercatat membela Fulham, Blackburn, Chelsea, dan Newcastle.

Uniknya, Duff tak pernah sekalipun diusir keluar oleh wasit selama 18 tahun berkarier di lapangan hijau. Padahal, terlepas dari posisinya yang bukan bek, Duff tetap pemain enerjik dan punya daya jelajah yang luas.

Itu membuat dia bisa saja terlibat dalam duel fisik yang menyulut emosi. Namun sepertinya Duff sudah menguasai ilmu menahan emosi dan menghindar dari kartu merah.

3 dari 6 halaman

Raul Gonzalez

2. Raul Gonzalez

Saat masih bermain, Raul dikenal sebagai pemain yang karismatik dan penuh wibawa. Tak heran dia didapuk sebagai kapten Real Madrid dan mendapat julukan pangeran Madrid.

Sosok Raul begitu dihormati oleh para suporter  dan fans Madrid dari seluruh dunia. Bukan hanya soal torehan gol dan kontribusinya bagi Madrid, Raul disegani lantaran dia tak pernah satu kali pun menerima kartu merah dari wasit.

Pencapaian itu tentu luar biasa mengingat Raul sebetulnya sudah memainkan 932 pertandingan di level klub dan 102 pertandingan bersama tim nasional Spanyol.

4 dari 6 halaman

Ryan Giggs

3. Ryan Giggs

Selain catatan gemilang soal trofi dan jumlah pertandingan, Ryan Giggs ternyata juga teracatat sebagai salah satu pemain yang tak pernah mendapatkan kartu merah.

Pencapaian itu tentu luar biasa mengingat Giggs bermain di klub sebesar Manchester United dan Liga Inggris. Terlebih, dia juga sering jadi sasaran tekel lawan karena begitu agresif menyerang dari sisi sayap.

Namun Giggs ternyata tetap bisa mempertahankan "kesuciannya" tersebut. Hingga pensiun pada 2013 lalu, Giggs tak pernah sekali pun mendapatkan kartu merah.

5 dari 6 halaman

Phillip Lahm

4. Phillipp Lahm

Dalam soal kartu merah, pencapaian bek sekaligus kapten Bayern Muenchen, Phillip Lahm, mungkin mungkin yang terbaik. Pasalnya, kendati berposisi sebagai bek, Lahm ternyata tak pernah diusir wasit saat pertandingan.

Padahal, posisi bek adalah posisi yang paling riskan terkena kartu merah lantaran keharusan untuk menghentikan lawan. Tapi hal itu ternyata tak berlaku buat Lahm yang telah berkarier selama 11 tahun di level atas.

Karena kelihaiannya itulah, Lahm disebut sebagai pemain yang pintar oleh mantan pelatihnya di Bayern Muenchen, Pep Guardiola.

6 dari 6 halaman

Gary Lineker

5. Gary Lineker

Gary Lineker memengang rekor sebagai satu-satunya pemain yang tak pernah mencicipi kartu. Jangankan kartu merah, kartu kuning tidak pernah satu kalipun mampir ke catatan karier Lineker.

Lineker berkarier di sepak bola selama 14 tahun. Dalam kurun waktu itu, pria yang kini berporfesi sebagai komentator ini telah bermain di Leicester City, Everton, Barcelona, dan Tottenham Hotspur.

Hingga kini, belum ada satu pemain pun yang bisa menyamai torehan Lineker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini