Sukses

Mercedes Diam-diam Punya Kontrak Khusus dengan Manor Racing

Mercedes dikenal sebagai salah satu perusahaan pemasok mesin mobil F1, termasuk ke Manor Racing yang kini dihuni Rio Haryanto.

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes merupakan satu dari sederet pemasok mesin bagi mobil-mobil balap Formula 1. Namun khusus untuk Manor Racing, perusahaan asal Jerman tersebut ternyata punya perjanjian rahasia.

Forbes melaporkan bahwa Mercedes ternyata  bukan hanya memasok mesin ke tim asal Inggris tersebut. Tim yang dihuni oleh pembalap Indonesia, Rio Haryanto itu juga mendapat pasokan bahan bakar dan pelumas atau oli. Nilai kontrak Mercedes dan Manor diperkirakan lebih dari 1,8 juta USD.

 

Baca Juga

  • Rio Haryanto Tolak Bantuan Dana dari PNS
  • Nomor Polisi Menpora Nebeng di Mobil Rio Haryanto
  • Jadwal Lengkap F1: Menanti Debut Rio Haryanto



Perjanjian ini tertuang dalam sebuah dokumen tertanggal 10 September 2015 yang didapat Forbes. Perjanjian Bahan Bakar itu dilengkapi surat utang antara Mercedes-Benz Grand Prix, Manor Grand Prix, anak perusahaan Manor Just Racing Services, dan Just Racing Limited yang merupakan induk dari kedua perusahaan itu. Kecuali Mercedes, seluruh perusahaan ini dimiliki Stephen Fitzpatrick. 

Dalam dokumen yang diperoleh Forbes disebutkan bahwa Mercedes juga berhak menyita sebagian bangunan milik Manor Racing bila tak mampu membayar utangnya. Mercedes sepertinya tidak ingin menanggung kerugian bila Manor Racing kembali krisis finansial seperti yang terjadi Oktober 2014.

Seperti diketahui saat itu, Manor Racing dinyatakan bangkrut dengan total utang mencapai 98,9 juta USD. Namun Februari lalu, Manor kembali bangkit setelah Stephen Fitzpatrick, bos perusahaan energi asal Inggris, Ovo, hadir.  Fitzpatrick  menyuntik dana sebesar 42,5 juta USD kepada Manor.

Sejak pertama kali mengaspal di adu kebut jet darat F1, 2010 lalu, Manor Racing baru mengemas 2 poin dan berada di urutan paling buncit musim lalu. Namun musim ini, Manor jauh lebih bersinar dengan kehadiran Direktur Lomba Dave Ryan yang punya pengalaman mencetak juara bersama McLaren. Manor juga merekrut dua pembalap muda, yakni Pascal Wehrlein dari Jerman dan Rio Haryanto dari Indonesia. Musim ini Manor Racing juga resmi beralih dari mesin Ferrari ke Mercedes.

Lantas berapa harga satu set mesin F1? Juli lalu, bos Mercedes, Toto Wolff, menyampaikan kepada Forbes, berapa dana yang dibutuhkan untuk membeli satu mesin bertipe 1.6-litre V6 turbo hybrids.

"Bila Anda melihat pasar secara keseluruhan dan membandingkan dengan harga kompetitor kami, saya bisa katakan bahwa harganya antara 15 euro dan 17 juta euro," katanya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini