Sukses

Liverpool vs Southampton: Soton Korban Pertama Klopp?

Dua laga awal mantan pelatih Borussia Dortmund ini berakhir dengan tidak memuaskan.

Liputan6.com, Liverpool - Pelatih Liverpool Jurgen Klopp berharap dapat memberikan kemenangan perdana untuk klub barunya. Southampton pun dibidik untuk bisa menjadi korban pertama pelatih berjulukan The Normal One ini saat bertandang ke Anfield, Minggu (25/10/2015).

Dua laga awal mantan pelatih Borussia Dortmund ini berakhir dengan tidak memuaskan. Hanya imbang 0-0 dengan Tottenham Hotspur pada pekan lalu dan yang paling mengecewakan ditahan seri 1-1 oleh 10 pemain Rubin Kazan di Liga Europa, Kamis (22/10/2015).

Minimnya gol karena cederanya beberapa pilar menjadi permasalahan utama bagi Klopp saat ini. Dari sembilan laga Liga Inggris, The Reds hanya mampu mencetak delapan gol, hanya West Bromwich Albion (7 gol) dan Watford (6 gol) yang berada di bawahnya.

"Kami harus membuat keputusan yang lebih baik lagi di dalam kotak (penalti). Tetapi keberadaan saya di sini belum lama, dan pada tahap itu saya anggap cukup normal," ujar Klopp dikutip dari Worldfootball.net.

TAKJUB - Jurgen Klopp takjub dengan dukungan fanatik fans Liverpool saat menghadapi Rubin Kazan di parati lanjutan Liga Europa, Jumat (23/10/2015) dini hari WIB.


Beruntung, dalam pertandingan nanti Klopp bisa menurunkan penyerang andalannya Christian Benteke dan juga gelandang serang Roberto Firmino. Kombinasi keduanya dapat menjadi pilihan Klopp untuk membuka keran gol Liverpool.

Catatan positif Liverpool atas Soton akan menjadi suntikan moril bagi James Milner Cs. Dalam tiga pertemuan terakhir, tuan rumah belum pernah kalah dari Southampton. Kemenangan juga akan menggeser posisi Southampton yang kini masih berada di atas Liverpool.

Untuk mengatasi persoalan lini depan yang masih tumpul, Klopp berharap bisa memainkan dua penyerang utama mereka sekaligus, Benteke dan Daniel Sturridge. Sayang, Strurridge masih diragukan untuk tampil lantaran belum pulih dari cedera lututnya dan masih harus menjalani proses perawatan.

"Jika semua striker fit, kami harus berpikir untuk bisa menggunakan kualitas mereka. Saya tidak tahu apakah kami akan menggunakan dua striker pada hari Minggu, tetapi untuk ke depannya itu bisa menjadi pilihan," pelatih berusia 48 tahun ini menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soton Tak Gentar

Meski memiliki catatan buruk dalam beberapa pertemuan sebelumnya, Pelatih Southampton, Ronald Koeman tidak gentar. Menurutnya, hampir tidak ada yang berbeda ketika Liverpool ditangani Brendan Rodgers atau Klopp saat ini.

Tetapi Pelatih asal Belanda ini juga meminta kepada pemainnya untuk bisa fokus dalam 90 menit permainan. Pada pekan lalu, The Saints sempat unggul 2-0 lebih dahulu sebelum akhirnya diimbangi Leicester City 2-2.

"Saya tidak benar-benar melihat perbedaan Liverpool pada Kamis lalu. Ya, pada 20 atau 25 menit pertama melawan Tottenham mereka menekan lebih tinggi dibandingkan saat berada di bawah Rodgers," ucap Koeman.

Tuan rumah juga perlu waspada dengan kehadiran Jose Fonte dan kawan-kawan. Southampton datang ke Anfield berbekal rekor belum terkalahkan dalam empat laga tandang mereka di musim ini (1 menang, 3 imbang). Dengan permainan terbuka, Southampton telah melepaskan 171 umpan silang dan 32 sundulan.

"Kami tahu kami bisa mengalahkan tim besar, dan Liverpool adalah salah satu yang terbesar di Liga Inggris," Koeman menuturkan. (Raden Arya Prasetya/Jon)

Ronald Koeman (EPA/ Will Olivier)


Prediksi Susunan Pemain
Liverpool (4-2-3-1): 22 Mignolet; 2 Clyne, 37 Skrtel, 17 Sakho, 18 Moreno; 21 Lucas, 23 Can; 7 Milner, 10 Coutinho, 20 Lallana; 9 Benteke
Cadangan: 34 Bogdan, 4 Toure, 6 Lovren, 24 Allen, 27 Origi, 33 Ibe, 3 Enrique, 32 Brannagan, 53 Carlos, 48 Sinclair, 11 Firmino

Southampton (4-2-3-1): 1 K. Davis; 2 Soares, 17 Van Dijk, 6 Fonte, 21 Bertrand; 12 Wanyama, 14 Romeu; 16 Ward-Prowse, 10 Mane, 11 Tadic; 19 Pelle
Cadangan: 25 Gazzaniga 3 Yoshida, 4 Clasie, 9 Rodriguez, 15 Martina, 8 S. Davis, 18 Reed, 20 Juanmi, 33 Targett

Baca Juga

Wanita-wanita Spesial di Sekeliling Pelatih Persib

Pedrosa Pole Position, Rossi Ketiga

Ahok Ingin Akuisisi Persija, Ini Kata Bepe

Banyak Utang, Ahok Semprot Bos Persija

Mourinho Diusir Wasit, Chelsea Telan Kekalahan Kelima

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini