Sukses

Lebih Hebat David Luiz di Chelsea atau PSG? Ini Faktanya!

David Luiz merupakan pemain andalan Chelsea pada tahun 2011 hingga 2014

Liputan6.com, Jakarta - David Luiz menjadi buah bibir pecinta sepak bola pada pekan ini. Dia menjadi salah satu pahlawan kemenangan Paris Saint Germain (PSG) atas Chelsea di Stamford Bridge Stadium pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dini hari tadi.

Bek asal Brasil itu merupakan pemain andalan The Blues pada tahun 2011 hingga 2014. Namun manajer The Blues, Jose Mourinho membuangnya di penghujung musim lalu karena sifatnya yang susah diatur.

Bakat pria berusia 27 tahun tersebut dilirik PSG dan dihargai mahal, yakni sebesar 50 juta pound, atau setara dengan Rp 985 miliar. Dini hari tadi, kemungkinan besar Mourinho menyesali keputusannya membuang Luiz.

Lalu, sehebat apakah Luiz? Berikut rincian kehebatan Luiz ketika memperkuat Chelsea dan PSG.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luiz di Chelsea

Luiz di Chelsea

Media asal Inggris, whoscored.com memaparkan performa Luiz bersama The Blues pada musim 2013-14. Dia tampil bersama Chelsea dalam 15 pertandingan di Liga Premier Inggris, empat diantaranya sebagai pemain cadangan.

Bek kelahiran Diadema, Brasil itu hanya mencetak satu assists. Akurasi umpannya sangat besar, yakni sebesar 81,4 persen. Luiz adalah salah satu bek yang rajin melakukan tekel bersih, yakni 1,2 kali per pertandingan.

Dia juga mampu membaca pergerakan lawan. Setidaknya, saat masih di Chelsea, Luiz melakukan intersep sebanyak 1,3 kali. Tidak hanya itu saja, setiap pertandingan, Luiz memenangkan duel dengan lawan sebanyak 2,2 kali.

3 dari 3 halaman

Luiz di PSG

Luiz di PSG

Sejak bergabung dengan tim asuhan Laurent Blanc, performa Luiz meningkat pesat. Dia sudah tampil sebanyak 20 kali di Ligue 1, Luiz hanya sekali menjadi pemain cadangan. Mantan pemain Benfica itu sudah mencetak dua gol bersama klub berjuluk Les Parisiens.

Akurasi umpan Luiz pun juga meningkat, yakni sebesar 89,7 persen. Tidak hanya itu saja, dia juga menjadi bek di Ligue 1 yang sering melakukan tekel bersih, yakni 1,9 kali per laga.

Dalam membaca serangan, biasanya Luiz melakukan intersep sebanyak 2,2 kali setiap pertandingan. Luiz juga handal dalam melakukan duel dengan pemain lawan. Setidaknya dia memenangkan duel dengan lawan sebanyak 2,4 kali per laga.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/827028/original/014236300_1426143173-david-luiz-aji-150312.jpg

Baca juga:

Didekati CR7, Jurnalis Cantik Akhirnya Buka Suara

Bukan Angel Di Maria, Siapa Raja Diving Manchester United?

Bek Tangguh Barcelona Girang Bakal Dapat Momongan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.