Sukses

4 Pemain Top yang Pensiun Setelah Piala Dunia 2014

Liputan6.com, Jakarta - Oleh: Diaz Abraham

Piala Dunia 2014 telah berakhir. Perhelatan bartaraf dunia ini tidak hanya meninggalkan cerita sukses bagi Jerman yang keluar sebagai juara dunia. Piala Dunia 2014 juga menjadi salam perpisahan bagi sejumlah pemain. Terdapat enam pemain penting timnas masing-masing yang memutuskan gantung sepatu setelah turnamen 4 tahunan itu.

Berikut para pemain itu sebagaimana dilansir dari Football Trivia:

2 dari 5 halaman

Philipp Lahm

1. Philipp Lahm

Kapten Jerman di Piala Dunia 2014,  Philipp Lahm memutuskan gantung sepatu setelah mengantarkan Tim Panser keluar sebagai juara dunia 2014. Lahm pensiun dari pertandingan internasional. Lahm mengantongi caps 113 internasional.  Full back Bayern Munich itu telah memperkuat Jerman sejak 2004.

Lahm menempati urutan ke-4 dalam daftar pemain dengan caps terbanyak di Jerman setelah Lothar Matthaus (150), Miroslav Klose (137) dan Lukas Podolski (116). Karier pemain Bayern Munchen di timnas dimulai saat  Tim Panser bermain pada turnamen Euro Portugal. Ketika itu Lahm bermain penuh selama 90 menit dalam laga Jerman kontra Kroasia. Karena permaianan memukaunya, Lahm dijuluki pemain masa depan Jerman.

Keputusan mundur dari timnas merupakan hal tersulit bagi seorang pemain, tapi keputusannya pensiun dinilai tepat ketika dirinya berada di level puncak setelah merebut gelar juara dunia 2014.

Setelah ditinggal sang kapten, Joachim Low harus mencari sosok baru untuk menjadi kapten.Spekulasi yang berkembang, Schweinsteiger kandidat terkuat.

3 dari 5 halaman

Mario Yepes

2. Mario Yapes

Kendati telah berkepala tiga, persembahan terakhir Mario Yepes akan terus dikenang. Betapa tidak, Yepes menjadi aktor penting sukses Kolombia melaju ke perdelapan final sepanjang sejarah.

Perjalanan Kolombia di Piala Dunia 2014 terhenti di tangan tuan rumah Brasil. Kolombia menelan kekalahan dengan skor 1-2. Sepanjang karier internasionalnya, Yepes mengemas enam gol dan mengantongi 102 caps. Selama berkarier, Yepes sempat bermain untuk  River Plate, Paris Saint-Germain (PSG), dan AC Milan. Yepes telah dipanggil memperkuat Timnas Kolombia sejak 1999.

4 dari 5 halaman

Fred

3. Fred

Frederico Chaves Guedes atau biasa dipanggil Fred mengawali karier internasionalnya bersama Brasil tahun sejak 2005, dia tercatat membukukan 39 caps dan menorehkan 18 gol.

Akhir karier Fred bagi timnas Brasil boleh dibilang pahit. Pemain berusia 30 tahun ini menjadi bagian dari Tim Samba saat dipermalukan Jerman di babak semifinal Piala Dunia dengan skor akhir 1-7. Atas hasil buruk itu, Fred menjadi pihak yang disalahkan oleh banyak fans.

Penampilan Fred dalam turnamen empat tahunan itu menjadi bahan kritik, mengingat dia hanya berhasil mengemas satu gol dari enam penampilannya pada Piala Dunia 2014 Brasil.

5 dari 5 halaman

Steven Gerrard

4. Steven Gerrard

Parade pemain yang pensiun dari timnas ditutup gelandang sensasional Inggris Steven Gerrard. Pemain Liverpool memulai debut internasionalnya pada tahun 2000. Dia tampil membela Inggris di Piala Eropa 2000 dan 2004, serta Piala Dunia 2006.

Awal terpilihnya pemain 34 tahun menjadi kapten The Tree Lions bermula pada Piala Dunia 2010 ketika menggantikan Rio Ferdinand yang mengalami cedera. Gerarrd ditetapkan menjadi kapten tetap pada Piala Eropa 2012. Dia menjadi pemain keenam dengan caps tiga digit untuk Inggris.

Di penghujung karier bersama Inggris, penampilan Gerrard cukup mengecewakan mengingat Inggris gagal total di Piala Dunia 2014 karena mereka tidak lolos dari penyisihan Grup dan bercokol di posisi terakhir kelasemen Grup D.
Bersama Inggris, Gerrard telah mencatatkan 114 penampilan. Namun sayang, selama kariernya dengan tim nasional belum pernahe merasakan gelar apapun.

Gerrard adalah satu-satunya pesepakbola yang pernah mencetak gol di Final Piala FA, Final Piala Liga, Final Piala UEFA, dan Final Liga Champions.