Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Polandia Berambisi Terbang Lebih Tinggi

Tim nasional Polandia bakal melakoni partisipasi kelima secara beruntun saat ambil bagian pada Euro 2024. Tim berjuluk The Eagles ini berharap dapat menciptakan sejarah baru.

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional Polandia bakal melakoni partisipasi kelima secara beruntun saat ambil bagian pada Euro 2024. Tim berjuluk The Eagles ini berharap dapat menciptakan sejarah baru.

Dalam turnamen kali ini, timnas Polandia menghadapi persaingan sengit melawan Belanda, Austria, dan Prancis di Grup D. Pertandingan pembukaan mereka akan menjadi ujian sejati saat berhadapan dengan Belanda di Volksparkstadion, Minggu (16/6/2024) mendatang

Meski belum pernah juara Piala Eropa, Polandia memiliki tradisi panjang di sepak bola. Mereka tercatat dua kali menduduki peringkat tiga Piala Dunia.

Uniknya, rapor terbaik Polandia di Euro hanyalah mencapai babak 8 besar. Mereka menorehkan itu pada edisi 2016 ketika kalah adu penalti melawan Portugal. 

Setelah gagal mengikuti Piala Eropa pada generasi emas tim 1970-an dan 1980-an, Polandia kini jadi anggota tetap turnamen tersebut sejak 2008. Mereka bahkan sempat jadi tuan rumah bersama Ukraina empat tahun berselang, menandai momen yang bersejarah bagi negara tersebut.

Kini, dengan skuad yang dipenuhi dengan bakat dan dipimpin oleh manajer berpengalaman, Polandia bersiap untuk mengubah sejarah mereka di Piala Eropa 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Polandia: Robert Lewandowski

Robert Lewandowski adalah pemain sepak bola yang saat ini bermain sebagai penyerang bagi klub LaLiga FC Barcelona. Menjabat sebagai kapten tim nasional Polandia, dia dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa, serta salah satu pemain tersukses dalam sejarah Bayern Munchen.

Dia telah mencetak lebih dari 600 gol karir senior untuk klub dan negara serta memecahkan rekor Gerd Muller, seorang legenda sepak bola Jerman yang sempat tidak tertandingi selama 49 Tahun.

Pada pentas internasional, Lewandowski mengawali karier bersama tim U-21 Polandia. Dia lalu melakoni debut di tim senior pada 10 September 2008, tiga pekan setelah genap berusia 20 tahun. Tampil sebagai pengganti, Lewandowski langsung mencetak satu gol.

Setelah itu dia terus jadi tumpuan timnas, termasuk saat sudah berusia 35 tahun. 

3 dari 3 halaman

Pelatih Polandia: Michal Probierz

Michal Probierz resmi gantikan Fernando Santos sebagai kepala pelatih timnas Polandia pada 2023. Dia bukanlah sosok asing dalam dunia sepak bola Polandia.

Sebelumnya, Probierz berhasil meraih kesuksesan dengan memenangkan Piala Polandia dan Piala Super dua kali bersama Jagiellonia Bialystok dan Cracovia. Namun, lebih dari sekadar prestasi klub, Probierz telah membuktikan kemampuannya dalam mengembangkan bakat-bakat muda sebagai pelatih timnas U-21 Polandia sejak Juli 2022.

Ketika memasuki peran barunya sebagai pelatih senior Polandia, Probierz membawa semangat baru dan visi yang jelas untuk mengangkat prestasi tim tersebut ke level yang lebih tinggi. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas tentang sepak bola Polandia, dia bertekad untuk membentuk skuat yang kuat dan kompetitif untuk bersaing di tingkat internasional.

Kontrak Probierz akan berlangsung hingga akhir periode kualifikasi Piala Dunia 2026, menandakan komitmen jangka panjang untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan sepak bola Polandia. Dalam periode tersebut, dia akan berusaha keras untuk membawa timnas Polandia berbicara di turnamen besar dan membuktikan bahwa mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini