Sukses

Benamkan Honduras, Swiss Melangkah ke 16 Besar

Bengston yang berulang kali merepotkan penjaga gawang Swiss, Diego Benaglio.

Liputan6.com, Manaus: Swiss berhasil masuk ke fase 16 besar usai menenggelamkan Honduras 3-0 pada laga terakhir  fase grup E pada 26 Juni 2014 di Arena Amazonia, Manaus. Pahlawan kemenangan bagi Swiss adalah gelandang muda, Xherdan Shaqiri yang berhasil mencetak hattrick.

Pada babak pertama, Swiss bermain lebih menyerang. Hasilnya baru enam menit laga berjalan, Shaqiri berhasil membuka keunggulan bagi Swiss melalui sepakan kerasnya. Berawal dari pergerakan di sisi kanan gawang Honduras, Shaqiri berhasil memanfaatkan operan matang Stephan Lichtsteiner dan langsung melesatkan sepakan keras kaki kiri langsung ke gawang Valladares.

Tidak berhenti di situ, Shaqiri kembali menambah keunggulan bagi Swiss sebelum turun minum. Shaqiri berhasil menyambut umpan matang Josip Drmic yang berhasil mengantisipasi kesalahan pemain belakang Honduras.

Hingga turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Swiss tetap bertahan.  Memasuki paruh kedua, sejumlah peluang berhasil diciptakan para pemain Honduras.

Salah satunya adalah penyerang Honduras, Jerry Bengston yang berulang kali merepotkan penjaga gawang Swiss, Diego Benaglio. Di menit 49, Bengston hampir saja mampu memperkecil ketinggalan andai saja ia mampu menyundul bola yang sudah berada tepat di depan gawang Swiss.

Saling jual beli serangan dilakukan kedua kubu. Namun Shaqiri lagi-lagi menjadi momok menakutkan bagi Honduras.

Swiss yang memanfaatkan serangan balik mampu menambah angka melalui Shaqiri di menit 71. Berawal dari pergerakan Josip Drmic yang berhasil melewati pemain lawan, ia kemudian memberi umpan matang bagi Shaqiri yang sudah berada di dalam kotak penalti. Shaqiri pun dengan bebas mampu mengoyak gawang Honduras. Skor 3-0 untuk kemenangan Swiss bertahan hingga usai.

Susunan Pemain:

Swiss: Benaglio, Lichtsteiner, Inler (c), Xhaka (M. Lang 76'), Behrami, Rodriguez, Mehmedi, Drmic (Seferovic 73'), Djourou, Schaer, Shaqiri (Dzemaili 86')

Honduras: Valladares (c), Figueroa, Bernardez, J Garcia, W Palacios, Bengtson, Costly (J. Palacios 40'), B Garcia (A. Najar 77'), Espinoza (M. Chavez 45'), Claros, Beckeles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.