Sukses

Janet Yellen, Sosok Wanita Pendiam yang Tangguh Saat Bekerja

Janet Yellen telah dilantik dan resmi mengambil alih kepemimpinan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) pada Senin (Selasa pagi).

Janet Yellen telah dilantik dan resmi mengambil alih kepemimpinan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) pada Senin (Selasa pagi). Dengan jabatannya itu, dia dipastikan akan menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Seperti dikutip dari Washington Post, Selasa (4/2/2014), tak seperti kebanyakan orang lain, Yellen berhasil mencapai ke puncak karirnya saat ini tanpa banyak bicara. Yellen adalah sosok yang pendiam tapi selalu mampu menonjolkan ketangguhannya saat bekerjasama atau bersaing dengan para lelaki.

Uniknya, ibu satu anak ini pernah memberi instruksi pada seluruh karyawan untuk tidak menyebutnya `chairwoman` (pimpinan wanita). Baginya, gelar `chair` (pimpinan) saja sudah cukup.

Sebagai wanita pertama yang memimpin The Fed sejak bank tersebut didirikan, ini bukan kali pertama Yellen berhasil menembus  rintangan antar gender. Dia merupakan satu-satunya wanita di kelas PhD di Yale University.

Dia memiliki kemampuan yang baik di bidang ekonomi bahkan bisa mengalahkan sebagian pesaingnya di kelas. Di tempat kerja, Yellen dikenal sebagai sosok yang pendiam dan lebih banyak fokus pada pekerjaannya.

Bahkan saat Presiden AS Barack Obama salah menyebut namanya dengan kata `Mister Yellen` dia tidak berkomentar apapun. Banyak orang juga membicarakannya dari belakang saat dia memakai jas dan celana panjang ala pria.

Akan tetapi Yellen tak menanggapinya. Dia menegaskan, biarkan karya-karyanya yang bicara dan menjawabnya.

"Tak pernah sedikutpun terpikir oleh saya, dunia akhirnya mengenali Yellen, dan menghargainya seperti sekarang. Dia punya cara sendiri untuk menanjak ke puncak karir dengan semua kemampuannya," ungkap seorang ekonom, Meghnad Desai yang bekerja dengan Yellen pada 1970-an. (Sis/Ahm)

Baca juga:

Janet Yellen Resmi Dilantik Jadi Gubernur Bank Sentral AS

Janet Yellen akan Hadapi Kondisi Ekonomi Lebih Tenang?

5 Fakta Unik Bos Wanita Pertama The Fed, Janet Yellen


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini