Sukses

Pertamina Gandeng Exxon Garap Blok Migas di Irak

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi menggaet ExxonMobil untuk menggarap blok Migas Irak.

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Irak Eksplorasi Produksi menggaet ExxonMobil untuk menggarap blok West Qurna I di Irak.

Keikutsertaan ExonMobil ini ditandai dengan dituntaskannya penyelesaian kesepakatan penjualan aset (asset sales agreement/ASA) dengan ExxonMobil Iraq Limited untuk 10% hak partisipasi.

“Aksi korporasi ini merupakan tonggak strategis bagi Pertamina dalam memperluas keberadaan bisnisnya di mancanegara, khususnya di negara dengan sumber daya minyak dan gas yang melimpah seperti Irak," ungkap Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan seperti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/11/2013).

ExxonMobil tetap sebagai kontraktor utama dengan menguasai 25% hak partisipasi di West Qurna I. Pemindahan hak partisipasi tersebut telah disetujui South Oil Company, Oil Exploration Company Iraq dan Shell West Qurna B.V, sebagai anggota konsorsium kontraktor West Qurna I.

Akuisisi ini memberikan kesempatan yang menarik bagi Pertamina untuk memperkuat kompetensi dan pengalamannya dari usaha di luar negeri.

Partisipasi Pertamina di konsorsium kontraktor West Qurna I merupakan batu loncatan untuk mencapai visi perusahaan menjadi perusahaan energi kelas dunia.

"Ekspansi Pertamina ke luar negeri adalah untuk mendukung pemerintah dalam menjaga serta memperkuat ketahanan energi Indonesia yang berkelanjutan," pungkas Karen. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini