Sukses

Kemenperin Beri Penghargaan kepada Pengelola Kawasan Industri

Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan kepada perusahaan kawasan industri untu memacu pengelola kawasan menaikkan mutu.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan kawasan industri. Penganugerahan penghargaan kawasan industri ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pengelola kawasan industri yang telah memenuhi kriteria tertentu.

Hal itu dapat memacu dan memotivasi para pengelola kawasan industri untuk meningkatkan mutu layanan sesuai dengan standar yang ditetapkan

"Untuk penataan kawasan industri yang sudah ada, Kementerian Perindustrian telah menyusun standar kawasan industri Indonesia  yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing kawasan industri nasional menghadapi persaingan di tingkat regional," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kamis (24/10/2013) malam.

Mekanisme penilaian penghargaan ini terdiri dari 9 tahapan, antara lain persiapan pelaksanaan, penyusunan kriteria penilaian dan penyusunan borang penilaian berdasarkan standar kawasan industri Indonesia. Selain itu, sosialisasi kepada pengelola kawasan industri, pengisian dan pengiriman borang penilaian, verifikasi dokumen borang penilaian, penilaian kawasan industri berdasarkan borang penilaian. Lalu ada verifikasi lapangan, penilaian kawasan industri yang masuk nominasi dan penetapan pemenang.

"Saya berharap peran dan dukungan seluruh pemangku kepentingan agar program pengembangan kawasan industri dapat tercapai sehingga dapat memberikan kontribusi dalam mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi nasional," tutur Hidayat.

Berikut para pemenang dari 6 kategori Penganugerahan Penghargaan Kawasan Industri 2013:

1. Best perfomance in management and services diraih oleh Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City.

2. Best performance in infrastructure and facilities diraih oleh Kawasan Industri Jababeka

3. Best performance in environmental management diraih oleh Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park

4. The best industrial estate outside of Java diraih oleh Kawasan Industri  Batamindo

5. The best industrial estate in Indonesia diraih oleh Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City

6. Lifetime achievement award for national industrial estate development diraih oleh Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Ir. Tungki Ariwibowo (Alm).

(Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.