Sukses

7,17 Juta Orang Masih Menganggur di Indonesia

Kemenakertrans menyebutkan angka pengangguran di Indonesia pada tahun ini turun 70 ribu orang atau turun sekitar 7,17 juta.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyebutkan angka pengangguran di Indonesia pada tahun ini turun 70 ribu orang atau turun menjadi 7,17 juta jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran pada  2012 lalu yang mencapai 7,2 juta orang.

"Kondisi ini merupakan pekerjaan rumah kita untuk terus menekan laju angka pengangguran di Indonesia, termasuk pengangguran dari kelompok penyandang disabilitas," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2013).

Upaya menekan pengangguran ini, caranya dengan peningkatan mutu pelayanan penempatan tenaga kerja di kabupaten dan kota.

Sebanyak 7 dinas kebupaten kota seperti Kabupaten Bogor, Pati, Sleman, Pasuruan, Langkat, Padang dan Makasar diminta mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008.

Sehingga secara total, terdapat 8 kabupaten kota yang mendapatkan sertifikat ini termasuk Semarang yang telah mendapatkan sebelumnya.

Sementara terkait isu tenaga kerja pada penyandang disabilitas ini, Muhaimin menjelaskan Kemenakertrans telah melakukan berbagai program kegiatan untuk pembangunan tenaga kerja penyandang disabilitas seperti program sosialisasi kepada publik khususnya dunia usaha.

"Contohnya mengatur regulasi kepada perusahaan untuk mempekerjakan 1 orang penyandang disabilitas untuk setiap 100 orang pegawai dan melakukan pengawasan akan regulasi itu," kata dia.

Dari data WHO, Bank Dunia dan ILO menunjukan saat ini jumlah penyandang disabilitas didunia diperkirakan sebesar 15% dari jumlah penduduk dunia atau sebanyak 1 miliar jiwa dan paling sedikit terdapat 785 juta orang penyandang disabilitas yang masuk dalam usia kerja. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini