Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

7 Cara Mengatur Waktu Liburan Buat si 'Super Sibuk'

Banyak orang yang bertanya bagaimana menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan kehidupan kerja. Hal tersebut mengingat jumlah orang yang masih sibuk bekerja di akhir pekan semakin bertambah dan tak bisa menikmati seluruh waktu kerjanya. Beberapa diantaranya bahkan mengatakan butuh waktu 25 jam per hari untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Seperti dikutip dari laman wrike.com, Minggu (4/8/2013), dari survei yang dilakukan sebuah situs global tentang kerja efisien, tercatat sebanyak 35% tenaga kerja di Amerika Serikat (AS) tetap bekerja selama akhir pekan. Selain itu, 43% diantaranya tidak menggunakan seluruh waktu liburannya.

Seringkali, penyebabnya datang dari kelemahan seseorang dalam mengelola waktu kerjanya sendiri.

Berikut tujuh tips agar Anda bisa menikmati seluruh waktu libur Anda meski dengan jadwal kerja yang super padat:

1. Jangan menunda-nunda pekerjaan.

Kebanyakan karyawan cenderung menunda pekerjaannya jika mereka pikir masih bisa dikerjakan nanti. Jika pekerjaan tersebut tak membutuhkan waktu lama, sebaiknya cepat selesaikan saat Anda punya banyak waktu untuk melakukannya.

2. Lawan hal-hal yang mengganggu

Kebanyakan orang di Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk mengakses Facebook setiap harinya. Berhenti bermain di dunia maya saat sedang bekerja agar Anda terhindar dari tumpukan pekerjaan yang tak perlu terjadi.

3.  Tentukan prioritas

Sebanyak 80% dari seluruh waktu kerja Anda dihabiskan untuk hal-hal yang tak begitu penting. Sesuaikan fokus Anda pada saat sedang bekerja, hindari bermain-main di hari kerja. Sebaiknya Anda menghibur diri Anda di hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

4. Buat tenggat waktu

Dari satu tugas, seseorang biasanya menghabiskan waktu hingga dua kali lipat dari yang rencana awal. Contoh saja, Anda berencana menyelesaikan satu laporan dalam 2 jam, tapi laporan tersebut baru selesai 4 jam kemudian. Hal ini dapat menguras waktu Anda di akhir pekan. Buat jadwal ketat untuk diri sendiri sehingga Anda tak perlu kehabisan waktu liburan untuk tetap bekerja.

5. Fokus pada satu pekerjaan yang harus diselesaikan

Setiap 8 menit sekali, seseorang biasanya melakukan hal lain di luar fokusnya tersebut. Hindari kebiasaan tersebut, agar waktu libur Anda tak terkuras pekerjaan.

6. Jangan serakah dengan beban kerja. Segera delegasikan tugas

Anda bisa menghemat 100 menit setiap minggunya jika Anda mampu fokus pada pekerjaan selama 20 menit tanpa melakukan hal lain. Tidak seperti poin sebelumnya di mana Anda cenderung mengalihkan fokus setiap 8 menit sekali.

7. Buat segala sesuatu secara terorganisasi baik

Sebanyak 30% dari seluruh karyawan yang ada tak memiliki 'to do list' atau daftar apa saja yang harus dikerjakan. Jika Anda termasuk ke dalam 30% tersebut, baiknya buat daftar tersebut dan pastikan waktu Anda tak banyak terbuang. Sehingga Anda bisa tetap menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga dan teman. (Sis/Shd)
Loading