Sukses

Yuk, Tengok Lokasi Wisata Favorit Saat Lebaran

Hari Raya Lebaran merupakan perayaan keagamaan penting bagi umat Muslim, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan dan juga merupakan hari raya nasional di Indonesia.

Tak cuma mengunjungi sanak keluarga untuk bersilaturahmi, momen Lebaran banyak dimanfaatkan masyarakat mengunjungi lokasi wisata bersama keluarga.

Sebuah situs perjalanan, TripAdvisor™ merekomendasikan tempat- tempat wisata yang cocok bagi keluarga di Indonesia.

Meski beberapa dari Anda mungkin sudah sangat mengenalnya, mari tengok kembali beberapa lokasi yang bisa menjadi pilihan berwisata dengan keluarga, Di mana saja?:

 1.  Jakarta

Kota tempat tinggal jutaan orang, sekaligus juga ibukota Indonesia ini selalu ramai. Setiap hari libur, warga Indonesia mengunjungi berbagai tempat wisata di kota ini. Ada beberapa lokasi wisata pilihan di Jakarta, seperti:

a. Taman Mini Indonesia Indah

Terdiri dari 13 ribu pulau dan 33 provinsi, rasanya sulit untuk melihat Indonesia secara keseluruhan. Taman Mini Indonesia, yang memiliki berbagai anjungan dan bangunan terkenal dari seluruh pelosok Indonesia, dapat membantu pengunjung untuk menikmati berbagai budaya daerah-daerah di Indonesia.

Taman Mini dinilai sebagai “Tempat untuk belajar mengenai Indonesia, khususnya saat Anda tidak memiliki waktu untuk mengunjungi seluruh pelosok Indonesia. Di sini bisa ditemukan miniatur Indonesia, dengan 33 anjungan yang yang mempresentasikan setiap provinsi.”

 b. Taman Impian Jaya Ancol

Kerap dipakai sebagai area kejuaraan golf internasional, taman hiburan, hotel dan berbagai fasilitas rekreasi lainnya, Taman Impian Jaya Ancol bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata, dari semua usia. 

2. Bandung

Berada di atas 768 permukaan laut, kota terbesar ketiga di Indonesia ini menawarkan cuaca yang sejuk dan pemandangan yang indah dikelilingi pegunungan vulkanis. Berikut lokasi wisatanya:

a. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah gunung berapi tidak aktif yang terletak 30 kilometer sebelah utara kota Bandung. Pengunjung dapat berjalan kaki atau berkendara untuk mengunjungi pemandangan mata air panas dan melihat lumpur mendidih ini. 

b. Kawah Putih

Kawah Putih, sebuah danau di kawah gunung berapi berada sekitar 50 km sebelah selatan dari Bandung, memiliki warna yang bisa berubah dari biru menjadi hijau cerah atau coklat, tergantung dari konsentrasi belerang dan suhu sekitarnya.

3. Jogyakarta

Jogyakarta dikenal dengan arsitektur serta seni dan budayanya yang menakjubkan. Beberapa lokasi wisatanya dikenal sarat dengan unsur budaya berselimutkan keindahan alami. Di mana saja?.

a. Candi Prambanan

Situs Warisan Dunia UNESCO, kuil-kuil Hindu kuno Prambanan ini terlihat seperti istana pasir yang ditebarkan. Sambil menikmati keindahan dan keunikannya, Anda bisa mengajari keluarga tentang sejarah terutama Jawa kuno.

b. Tarian Ramayana

Diadakan di Candi Prambanan pada malam hari, Ramayana Ballet menceritakan kisah kehidupan Raja Rama yang mencakup gaya, budaya, dan musik khas Jawa.

 4. Bali

Bali adalah kartu pos yang hidup. Menikmati matahari di pantai berpasir putih, atau berkomunikasi dengan alam saat Anda menyelam di tempat-tempat berkarang atau mengunjungi hutan yang rimbun.

Di Bali terdapat beberapa lokasi wisata keluarga yang menarik, yakni:

 a. Bali Safari & Marine Park

Rumah bagi ratusan hewan menakjubkan dari lebih dari 50 spesies, termasuk beberapa spesies langka dan terancam punah, Bali Safari dan Marine Park menggabungkan suasana budaya Bali dengan Savannah Afrika.

b.  Waterbom Bali.

Seperti lokasi wisata air lain, di sini berbagai fasilitas permainan air terlihat cocok menjadi pilihan libur kala Lebaran bersama keluarga. (Nur)