Sukses

Daftar Komoditas Pangan yang Turun Harga Pekan Ini

Harga cabai keriting merah dipatok dengan harga Rp 40 ribu per kilogram (kg). Sedangkan harga bawang merah dipatok Rp 40 ribu per kg. Bagaimana dengan harga komoditas lainnya?

Liputan6.com, Jakarta - Harga berbagai bahan pangan saat ini stabil. Hal ini terlihat di Pasar Kukun yang berada di Kabupaten Tangerang, Banten. 

Komoditas bahan pangan yang mengalami kestabilan harga antara lain cabai keriting merah dipatok dengan harga Rp 40 ribu per kilogram (kg). Angka ini tidak berbeda dengan pekan lalu. Tidak hanya itu, harga cabai rawit merah juga mengalami kestabilan harga dengan patokan harga Rp 30 ribu per kg. 

"Stabil. Cabai yang keriting ini harganya Rp 40 ribu per kilonya. Cabai setan juga harganya masih stabil juga di kisaran Rp 30 ribu per kilo," ujar Marsaid (54) saat diwawancara oleh Liputan6.com, Jumat (17/5/2024).

Komoditas bawang merah justru mengalami penurunan harga. Harga bawang jenis ini dipatok Rp 40 ribu per kg. Sebelumnya, bawang ini dijual dengan harga Rp 44 ribu per kg.

"Bawang merah lagi turun nih memang. Kemarin itu harganya Rp 44 ribuan per kilo. Nah sekarang turun jadi Rp 40 ribu per kilo," ujar Marsaid (54) sambil melayani pembeli. 

Meskipun demikian, bawang putih justru mengalami kenaikan harga. Bawang putih kali ini dipatok dengan harga Rp 44 ribu per kg. Harga ini niak dari harga sebelumnya yang berada di Rp 40 ribu per kg. 

"Bawang putih sekarang lagi naik. Kemarin kan hanya Rp40 ribuan per kilonya ya nah sekarang harganya udah di Rp44 ribuan per kilo" ujar Andi (40), salah satu pedagang di pasar Kukun sambil memberikan sekantong bawang merah kepada pelanggan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Daging Turun

Tidak hanya di komoditas bumbu dapur, kestabilan harga juga terjadi di komoditas daging sapi dan ayam. Daging ayam broiler berada di posisi stabil dimana ayam jenis ini dipatok dengan harga Rp 45 ribu per kg. 

"Ayam yang ini (menunjuk ke ayam broiler) sekarang harganya Rp 45 ribu per kilonya. Stabil memang, kemarin juga harganya memang segitu," ujar Udin (45), penjual ayam di Pasar Kukun.

Sementara itu, harga daging sapi justru mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Harga daging sapi turun menjadi Rp 130 ribu per kg setelah sebelumnya berada di harga Rp 160 ribu per kg. 

"Dagingnya sekarang turun nih, mas. Kemarin kan harganya bisa sampai Rp160 ribuan per kilo ya. Nah sekarang cuma Rp130 ribuan per kilonya" ujar Hendrik (22) yang sedang membabat daging sapinya.

3 dari 3 halaman

Harga Sembako Naik

Untuk komoditas sembako berbeda. Berbagai bahan sembako mengalami kenaikan, salah satunya minyak curah. Harga minyak curah mengalami kenaikan harga sebesar 8% dimana minyak ini dipatok seharga Rp 16.200 per liter setelah sebelumnya dipatok dengan harga Rp 15 ribu per liter.

"Iya sekarang makin naik aja harga minyak curah. Kemarin Rp 15 ribu sekarang naik lagi jadi Rp16.200" keluh Yuyun (54).

Tidak hanya minyak curah yang mengalami kenaikan tersebut, namun juga pada komoditas seperti telur. Telur per dipatok Rp 30 ribu per kg. Harga ini merupakan kenaikan dari harga sebelumnya, yaitu Rp 29 ribu per lg.

"Telur sekarang harganya Rp 30 ribuan per kilo. Iya, naik dari kemarin yang hanya dipatok seharga Rp 29 ribu per kilo" ujar Adit (29). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.