Sukses

Mengenal Timnas Guinea U-23, Punya Pemain Seharga Rp 43,4 Miliar

Timnas Indonesia U-23 harus bersabar untuk bisa bermain di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, Timnas Indonesia harus melawan Timnas Guinea U-23

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 harus bersabar untuk bisa bermain di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, Timnas Indonesia harus melawan Timnas Guinea U-23 untuk bertanding di babak play-off.

Timnas Indonesia sebenarnya bisa saja langsung mendapatkan tiket ke Paris. Hanya saja, dalam pertandingan perebutan tempat ke tiga Piala Asia U-23 takluk ari Irak dengan skor 1-2.

Timnas Guinea dan Timnas Indonesia sama-sama berstatus peringkat empat pada turnamen regional masing-masing. Laga Guinea vs Indonesia rencananya berlangsung di markas Timnas Prancis, INF Clairefontaine, pada 9 Mei mendatang.

Dilansir dari BolaSport, terdapat kesamaan yang menarik antara tim Indonesia dan Guinea untuk tiba di babak play-off kali ini.

Sama seperti Indonesia yang merupakan debutan di Piala Asia U-23 2024, Guinea juga merupakan tim debutan di Piala Afrika U-23 2023.

Baik Indonesia maupun Guinea, keduanya sama-sama mengejutkan sebab mampu memperoleh juara 4 di turnamen regional masing-masing. Jika Indonesia punya Shin Tae Yong, maka Guinea memiliki Morlaye Cisse yang berhasil membawa Guinea langsung lolos ke semifinal pada penampilan debut mereka.

Selain itu, keduanya juga sama-sama gagal memperebutkan posisi ke-3. Garuda Muda kalah dari Irak pada pertandingan tadi malam dengan skor 1-2, sedangkan Guinea kalah dari Mali dengan adu pinalti 0-0 (4-3).

Punya Pemain Mahal

Dari data Transfermarkt, Timnas Guinea U-23 memiliki daftar 27 pemain. Adapun dari total pemain tersebut, membuat tim muda Guinea ini memiliki nilai pasar mencapai Rp 133,4 miliar. Nilai pasar ini jelas lebih mahal dari skuad Garuda Muda yang hanya Rp 83,4 miliar.

Yang menjadi perhatian, Guinea yang kini menempati peringkat FIFA ke-76, memiliki pemain yang nilai pasarnya mencapai Rp 43,4 miliar.

Dia adalah Aguibou Camara yang memiiki posisi bermain sebagai Gelandang Serang. Aguibou Camara tercatat bermain untuk klub divisi utama liga Yunani yaitu Atromitos Athen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ranking FIFA Indonesia dan Guinea

Perlu diakui bahwa pada pertandingan play-off nanti, Guinea bukanlah tim yang dapat dianggap remeh begitu saja. Jika dilihat dari perbandingan rangking FIFA keduanya, Indonesia memiliki peringkat hampir dua kali di bawah Guinea.

Dilansir dari laman FIFA, saat ini peringkat FIFA Guinea adalah 76, sedangkan Indonesia berada di 134.

Selain itu, Guinea juga memiliki banyak pemain yang saat ini berumput di luar negeri, tepatnya di benua Eropa. Sejak awal April, Guinea memiliki 13 pemain abroad yang bermain untuk klub-klub di Eropa.

Kendati demikian, baik tim Indonesia maupun Guinea sama-sama belum pernah memiliki catatan penampilan di Piala Dunia. Namun, keduanya memiliki ambisi yang sama untuk memenangkan pintu terakhir menuju Olimpiade Paris 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.