Sukses

Mengenal Soto Pak Salam, Kuliner Legendaris di Bogor

Soto Kuning merupakan menu makanan khas Bogor yang menggugah selera. Salah satu tempat makan enak mencicipi soto Bogor adalah Soto Bogor Pak Salam.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki kuliner yang beragam karena negara ini memiliki banyak suku dan budaya yang berbeda-beda. Salah satu kuliner khas yang populer di Indonesia adalah sajian Soto Kuning.

Melansir dari beberapa sumber Soto Kuning merupakan makanan khas dari Bogor, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi dan jeroannya yang mempunyai rasa khas menggugah selera.

Diketahui soto kuning menggunakan santan sehingga sekilas mirip seperti Soto Betawi. Namun yang membedakan soto ini dengan soto betawi adalah warna kuningnya yang berasal dari salah satu bumbunya yaitu kunyit.

Sebagai informasi soto kuning sudah menjadi kuliner khas yang wajib untuk dicicipi ketika berkunjung ke Bogor. Makanannya menjadi legendaris dengan cita rasa yang kaya akan rempah.

Selain warnanya yang kuning karena berasal dari bahannya yaitu kunyit soto ini juga mempunyai isian daging atau jeroan yang telah dimasak hingga empuk. Sehingga daging tersebut disiram dengan kuah kuning kaya akan bumbu.

Biasanya sajian soto kuning dilengkapi dengan tambahan pelengkap lainnya seperti bawang goreng, daun seledri, jeruk nipis, atau emping. Tentunya soto kuning nikmat disantap bersama sepiring nasi atau lontong.

Kemudian tempat makan soto kuning di Bogor sendiri ada banyak yang bisa dicicipi. Misalnya saja kedai Soto Bogor Pak Salam yang sudah cukup legendaris di Bogor dan tidak pernah sepi pengunjung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Soto Bogor Pak Salam

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, Soto Pak Salam merupakan salah satu tempat legendaris untuk mencicipi sajian soto khas Bogor. Tempat ini bahkan selalu ramai pengunjung dan cepat habis meski baru buka sebentar.

Diketahui Soto Pak Salam telah berjualan cukup lama dan menjadikan makanannya sebagai kuliner khas dan legendaris di Bogor. Tempatnya terkenal dengan kuah soto yang kaya akan rempah dengan harum yang khas.

Soto Pak Salam tidak hanya ramai dikunjungi oleh pembeli asli Bogor tetapi juga ramai dikunjungi oleh pembeli dari luar daerah. Sebagian pembeli menyebutkan tempat ini menjadi destinasi kuliner yang harus dikunjungi ketika ke Bogor.

Selain rasanya yang terkenal nikmat dan khas, Soto Pak Salam sudah terkenal karena telah berdiri dari tahun ke tahun dengan rasa yang autentik. Meskipun tempatnya cukup sederhana tetapi pembeli yang antre bisa terlihat hingga di pinggir jalan.

3 dari 4 halaman

Lokasi Soto Bogor Pak Salam

Melansir dari ulasan Google, Soto Bogor Pak Salam sendiri sudah memiliki rating 4.6 dari total 1.044 pengguna. Pembeli yang pernah singgah di tempat ini memberikan ulasan tentang nikmatnya sajian soto di tempat tersebut.

Lokasi Soto Bogor Pak Salam berada di Jalan Siliwangi No.298 Sukasari Bogor Tengah, Sukasari, Kec. Bogor Tim, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempatnya buka setiap hari pukul 16.30 hingga 20.00 WIB dan tutup di hari Jumat.

Perlu untuk diketahui, tempat makan Soto Bogor Pak Salam tidak memiliki ruang meja dan tempat duduk yang cukup. Sehingga para pembeli biasanya membawa pulang atau duduk di kendaraan mobilnya atau duduk tanpa menggunakan meja.

Penuhnya Soto Bogor Pak Salam juga kerap membuat sebagian pembeli mengantri dan menunggu duduk bergiliran untuk mencicipi nikmatnya semangkuk makanan khas dari Soto Bogor Pak Salam.

4 dari 4 halaman

Harga Soto Bogor Pak Salam

Melansir dari media sosial Instagramnya, menu Soto Bogor Pak Salam cukup terjangkau di kantong. Bahkan para pembeli bisa memilih bagian daging yang ingin dinikmati bersama dengan kuah sotonya.

Soto Bogor Pak Salam juga menyediakan sate kentang yang dibanderol dengan harga Rp 3.000 dan perkedel dengan harga Rp 2.000. Satu mangkuk Soto Bogor Pak Salam memiliki harga yang terjangkau kurang dari Rp 50.000.

Tentunya tempat ini terkenal dengan kuah kuningnya yang khas dan daging empuk menggugah selera. Bagi pengunjung yang ingin mendatangi Soto Bogor Pak Salam disarankan datang pada hari biasa atau weekday.

Pasalnya, pada hari biasa pun tempat ini selalu ramai pengunjung masyarakat setempat yang rela mengantre. Kemudian di akhir pekan, biasanya dipenuhi oleh para pengunjung dari luar kota yang penasaran dengan nikmatnya Soto Bogor Pak Salam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini