Sukses

9 Fakta Menarik Drakor Lovely Runner yang Sukses Meski Dulu Ditolak Banyak Aktor

Berikut 9 fakta menarik drakor Lovely Runner yang wajib kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, drama Korea (drakor) Lovely Runner menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta drakor. Cerita komedi romantis ala anak SMA ini dibumbui dengan kisah fantasi di mana tokohnya melakukan perjalanan waktu.

Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok) adalah seorang idola yang sangat sukses. Hingga di puncak kariernya, dirinya ditemukan tewas di tempat tinggalnya sendiri. Di sisi lain, Im Sol (Kim Hye Yoon) adalah gadis lumpuh yang sangat menyukai Sun Jae. Ketika kabar duka Sun Jae tersebar, dia pun tidak tinggal diam ingin melakukan sesuatu.

Namun anehnya, tiba-tiba dia terlempar ke masa-masa SMA-nya. Tanpa disangka, dia dan Sun Jae sebenarnya tinggal dan sekolah di lingkungan yang sama. Sol pun melakukan segala cara agar dapat menyelamatkan Sun Jae di masa depan.

Meskipun saat ini Lovely Runner sangat populer baik di Korea maupun internasional, hal tersebut terjadi di luar ekspektasi pihak produksi yang sebelumnya menganggap drama ini biasa saja. Bahkan selama proses pembuatannya, drama ini menemukan banyak sekali hambatan yang membuatnya hampir gagal diproduksi.

Berikut 9 fakta menarik drama korea Lovely Runner yang wajib kamu ketahui.

1. Diadaptasi dari Webtoon

Lovely Runner diangkat dari webtoon berjudul The Best of Tomorrow karya illustrator Doong Doong. Hanya saja pada kedua karya ini tidak 100% sama, melainkan terdapat perbedaan. 

Salah satu perbedaan mencolok dari kedua versi ini, yaitu pada versi webtoon keduanya tidak mengenal sama sekali sewaktu SMA, sedangkan di dramanya, Sun Jae sudah menyukai Im Sol sejak SMA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Produksinya Tertunda selama 3 Tahun

Produksi drama ini sempat tertunda selama 3 tahun akibat banyak penolakan yang muncul, terutama untuk pemeran utama laki-lakinya. Oleh sebab itu, Kim Hye Yoon yang dari awal sudah menerima tawaran drama ini pun harus menunggu selama 3 tahun untuk mendapatkan lawan mainnya.

3. Peran ‘Sun Jae’ Ditolak oleh Banyak Aktor

Seperti pada poin sebelumnya, karakter ‘Sun Jae’ di drama ini mendapat penolakan dari banyak aktor. Beberapa aktor yang dirumorkan menolak peran ini yaitu Cha Eun Woo, Lee Jun Young, serta Moon Sang Min. 

Banyak yang menganggap jalan cerita drakor ini terlalu klise, yaitu tentang cinta fans yang bertepuk sebelah tangan kepada idolanya. Selain itu, menurut rumor yang beredar, para aktor Korea saat ini lebih menyukai cerita-cerita penuh plot twist yang diproduksi dengan budget besar.

4. Tidak Ada Proses Reading Script

Reading script merupakan proses yang umum dilakukan oleh para pemain drakor sebelum mereka memulai proses syuting. Namun hal tersebut tidak berlaku di drakor ini karena proyeknya yang telah mandek selama 3 tahun.

Untungnya saat ini kita dapat melihat bahwa seluruh akting pemain serta chemistry yang terjalin sangat bagus.

3 dari 4 halaman

5. Hampir Diboikot

Lovely Runner sempat mendapat penolakan di Korea karena mengangkat kisah idol yang meninggal karena bunuh diri. Hal ini dianggap sangat sensitif karena pada kenyataannya terdapat beberapa idol yang memang melakukan hal demikian.

Terlebih saat itu juga sedang ramai isu salah seorang idola yang baru saja meninggal secara mendadak.

6. Sempat Tidak Memiliki Rumah Produksi

Penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan rumah produksi (PH) Studio Dragon yang banyak menggarap drama sukses dengan apik. Pada awalnya, drakor ini juga akan ditangani oleh PH tersebut.

Sayangnya, Studio Dragon pun memutuskan untuk melepaskan drama ini setelah sutradara awal mengundurkan diri. Hal ini pun membuat Lee Si Eun selaku penulis naskah harus kembali mencari rumah produksi serta sutradara yang mau memproduksi drama ini.

7. Byeon Woo Seok Inisiatif Mengisi Soundtrack Drama Ini

Setelah mendapat penolakan dari banyak aktor, akhirnya Byeon Woo Seok menerima tawaran ini dan resmi menjadi lawan main Kim Hye Yoon. Tidak hanya itu, dia juga menawarkan diri untuk menyanyikan soundtrack drakor ini bersama band Eclipse (band fiksi di drama tersebut).

Byeon Woo Seok bahkan menyanyikan lagu ini secara live saat adegan konser Sun Jae bersama Eclipse pada episode 1 drama ini.

4 dari 4 halaman

8. Bukan Drama Prioritas tvN

Meskipun berhasil tayang, Lovely Runner bukanlah drama yang diprioritaskan oleh pihak produksi. Oleh sebab itu, mereka tidak menjadi drama weekend dan mendapat jadwal tayang pada hari Senin dan Selasa. 

Selain itu, promosi drama ini pun dapat dikatakan cukup minim apabila dibandingkan dengan drama unggulan tvN lainnya seperti Queen of Tears dan Marry My Husband

Meski begitu, Lovely Runner berhasil menarik menarik hati banyak orang dan menjadi salah satu drama paling populer di banyak negara. Mereka juga bisa mendapatkan rating hingga 5,7% dan menjadi yang tertinggi di slotnya.

9. OST-nya Berhasil Memasuki Chart Musik Korea

Tidak hanya itu, kesuksesan Lovely Runner juga membuat soundtrack yang dinyanyikan oleh Byeon Woo Seok dkk. dapat memasuki chart musik Korea hingga mengalahkan berbagai idol dan penyanyi Korea.

Lewat lagu yang berjudul “Sudden Shower,” Eclipse berhasil menempati urutan 20 pada Bugs, urutan 41 pada Genie, urutan 71 pada Flo, serta urutan 82 pada MelOn. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • lovely runner