Sukses

Punya Pendapatan Besar Tetapi Selalu Tak Tersisa, Mungkin Ini Penyebabnya

Banyak orang atau pasangan memikirkan anggaran mereka setiap bulan, bukan setiap tahun. Hal ini membuat mereka berakhir dengan pembelian barang yang seharusnya tidak perlu dibeli.

Liputan6.com, Jakarta - Callie, 36, dan Travis, 39, adalah pasangan suami istri yang tinggal di Texas dengan dua orang anak. Callie adalah seorang fotografer lepas dan Travis menjalankan perusahaan manajemen properti.

Penghasilan mereka berfluktuasi dari bulan ke bulan. Mereka memperoleh penghasilan total USD 132.480 atau Rp 2,1 miliar pada tahun lalu. Tetapi keduanya tidak memiliki investasi dan uang yang mereka dapatkan sudah habis untuk biaya bulanan.

Hal ini Callie dan Travis ceritakan kepada pakar keuangan Ramit Sethi dalam podcast "I Will Teach You to be Rich".

Pasangan ini bermimpi untuk berlayar keliling dunia, menikmati masa pensiun yang nyaman dan membantu orang tua mereka secara finansial, namun mereka bingung bagaimana cara mewujudkannya.

"Berapapun uang yang kami hasilkan, entah itu USD 2.500 per bulan atau USD 10.000 per bulan, saya ingin uang tersebut digunakan dengan sungguh-sungguh agar hidup kami menjadi lebih baik karenanya," ujar Callie dalam podcast tersebut sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Minggu (5/5/2024).

Sethi senang mendengar Callie dan Travis memiliki rencana keuangan, tetapi kebiasaan belanja mereka menunjukkan bahwa mereka belum memiliki strategi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Banyak Orang Tak Benar Tahu Arti Mampu Membeli

Pembelian besar yang dilakukan pasangan ini baru-baru ini termasuk tenda dan rak untuk van mereka dan liburan ke Barbados. Dalam kedua kasus tersebut, mereka mempertimbangkan apakah mereka mampu membayar semua tagihan setiap bulannya, kata Sethi. Mereka tidak memikirkan gambaran besarnya.

″[Travis] melihat ada uang tambahan di rekeningnya, dia pada dasarnya berkata, 'Oh, baiklah, saya ingin tenda itu. Saya mampu membelinya,'" kata Sethi.

"Hal ini sangat umum terjadi, dan kebanyakan orang benar-benar tidak tahu bagaimana cara menentukan apakah mereka mampu membeli sesuatu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengeluaran yang Tidak Efektif

Seperti kebanyakan orang, Callie dan Travis memikirkan anggaran mereka setiap bulan, bukan setiap tahun. Dengan demikian, mereka berakhir dengan pembelian, seperti perjalanan dan tenda, yang mungkin terlihat terjangkau dalam satu bulan ketika mereka memiliki sedikit penghasilan tambahan. Namun, itu mungkin bukan pemanfaatan optimal dalam jangka panjang.

"Mereka benar-benar hanya melihat sesuatu yang mereka inginkan, lalu memutuskan untuk membelinya dengan berbagai dalih di kemudian hari" kata Sethi.

Seandainya mereka membandingkan pendapatan tahunan mereka dengan total biaya pembelian besar tersebut, mereka mungkin akan menyadari bahwa mereka akan kesulitan untuk membayar tagihan selama bulan-bulan di mana mereka tidak menghasilkan banyak uang atau ada pengeluaran lain yang muncul.

Ketahui Berapa yang Anda Punya

Callie dan Travis bekerja keras dan membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang benar-benar mereka sukai. Itulah yang dimaksud dengan kehidupan yang kaya, kata Sethi. Tapi ada satu hal yang perlu diperhatikan.

"Untuk merancang kehidupan yang kaya, Anda harus mengetahui berapa yang Anda punya" katanya. Dan bagi orang-orang seperti Callie dan Travis yang ingin mengejar kewirausahaan, hal itu bahkan lebih penting lagi.

Meskipun pendapatan mereka berfluktuasi, pasangan ini dapat mengantisipasi perubahan tersebut dengan lebih baik dan menjaga biaya hidup mereka di bawah apa yang mungkin mereka dapatkan selama bulan-bulan lesu, kata Sethi. "Jika tidak, bisa jadi Anda hanya mendapat upah minimum, bekerja berjam-jam, bekerja keras, tetapi tidak pernah maju."

3 dari 4 halaman

Jangan Membohongi Diri Sendiri

Dalam membuat rencana pengeluaran yang lebih baik, Sethi menganalisa liburan pasangan ini ke Barbados baru-baru ini. Penginapan mereka sudah dibayar, tetapi tiket pesawat, mobil sewaan, dan makan di luar membuat mereka menaikkan limit kartu kredit mereka hingga $5.000 atau sekitar Rp80 juta "dengan mudah," kata Callie.

Mereka tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama pada perjalanan mereka berikutnya ke Alaska. Sethi memberikan solusi: Ketahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dan buatlah rencana pembayarannya tanpa menambah utang.

"Hingga saat ini, mereka pergi berwisata, berbelanja banyak barang, dan kemudian terkejut dengan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan," kata Sethi. 

Sethi bertanya kepada pasangan ini berapa biaya penerbangan, penginapan dan biaya tambahan yang akan mereka keluarkan, lalu mendorong mereka untuk berpikir sedikit lebih jauh. Ketika Callie mengatakan bahwa hotelnya akan memakan biaya "minimal $600 atau Rp9.7 juta," Sethi menghentikannya.

"Saya tidak pernah melakukan perjalanan dengan biaya yang minim," katanya. "Jangan membohongi diri sendiri sebelum menaiki pesawat. Apa yang terjadi jika hotel memiliki pajak 38% dan kemudian satu-satunya tempat untuk makan karena berada di Alaska, adalah di hotel, yang pasti akan mahal?"

Orang-orang secara umum meremehkan berapa banyak yang akan mereka habiskan untuk liburan, kata Sethi. Namun dengan meluangkan waktu ekstra untuk memikirkan tempat-tempat yang akan dikunjungi, Anda bisa lebih menikmati perjalanan liburan Anda tanpa harus berutang menggunakan kartu kredit.

4 dari 4 halaman

Bersiap untuk Biaya Tak Terduga

Selama liburan, Anda pasti akan makan di restoran, jadi pastikan untuk memasukkan uang tip ke dalam anggaran. Jika berencana untuk makan di bandara atau membeli makanan ringan di kamar hotel, tambahkan juga uang saku untuk itu, kata Sethi.

"Saya lebih suka Anda menambahkan lebih banyak uang ke dalam anggaran dan kembali dengan sedikit tambahan yang tidak dibelanjakan daripada terkejut dengan tambahan USD 1.800 yang tidak direncanakan."

Setelah mengetahui total biayanya, Anda bisa menghitung berapa banyak yang harus disisihkan setiap bulannya untuk menabung demi perjalanan tersebut.

Callie dan Travis memperkirakan perjalanan mereka ke Alaska akan menghabiskan biaya USD 5.375 atau sekitar Rp 86 juta dan mereka memiliki waktu sekitar empat bulan sebelum berangkat. Travis memiliki pekerjaan mendatang yang akan memberinya gaji sebesar USD 2.500 atau sekitar Rp 40 juta, yang menurutnya akan digunakan untuk biaya perjalanan, jadi mereka perlu menyisihkan USD 720 atau sekitar Rp 11 juta per bulan.

"Kami sudah merencanakan berapa biaya yang dibutuhkan. Bahkan mereka menyisakan sedikit dana cadangan," kata Sethi. "Yang ingin saya lihat adalah mereka menabung secara sistematis setiap bulannya untuk mencapai jumlah total yang dibutuhkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini