Sukses

Rekrutmen PT KAI Punya 'Syarat Dewa', Ini Alasannya

Tak sedikit yang melihat syarat pelamar rekrutmen PT KAI yang dicari dinilai sebagai spesifikasi yang terlalu tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Syarat rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tengah menjadi sorotan di jagat maya. Tak sedikit yang melihat syarat pelamar rekrutmen PT KAI yang dicari dinilai sebagai spesifikasi yang terlalu tinggi.

Beberapa diantaranya adalah syarat besaran minimal Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK sebesar 3,5. Kemudian, juga disoroti pada skor TOEFL minimal sebesar 500.

Menanggapi syarat spek dewa rekrutmen KAI ini, VP Public Relation KAI, Joni Martinus turut memberikan penjelasan. Dia menegaskan, standar tinggi dalam rekrutmen management trainee yang dibuka sudah mengikuti pada aturan yang berlaku.

"Untuk persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, kami menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global," kata Joni dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Syarat Lainnya

Sementara itu, untuk akreditasi perguruan tinggi serta nilai IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan. Joni menjlai, kemampuan bahasa Inggris yang baik juga menjadi penting dalam lingkungan bisnis global saat ini.

"Seperti yang kita tahu, KAI memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi dan memastikan bahwa informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait," urainya.

Joni menerangkan, standar tinggi dalam rekrutmen ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan profesionalisme. Menurutnya, dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi.

"Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks," tegas Joni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinggi Badan

Lebih lanjut, Joni juga menjelaskan tentang persyaratan tinggi badan. Dimana KAI mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Direktorat Jenderal Perkeretaapia Kemenhub untuk masinis.

Artinya dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA. Agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung.

"Untuk berat badan, kami mengikuti aturan WHO untuk BMI (body mass index) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit diabetes melitus atau jantung karena obesitas atau overweight," jelasnya.

Informasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment saat ini sedang membuka rekrutmen untuk program Management Trainee Tahun 2024. Masyarakat yang ingin melamar dapat melakukan pendaftaran mulai 17 sampai 22 April 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.