Sukses

KB Bank Kembali Raih Peringkat ‘AAA’ dari Fitch, Cerminkan Outlook Stabil

Lembaga pemeringkat Fitch menetapkan KB Bank berada di level ‘AAA’.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga pemeringkat Fitch menetapkan KB Bank berada di level ‘AAA’. Peringkat itu menggambarkan bahwa stabilitas keuangan KB Bank dan komitmen terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan berjalan dengan baik. 

Di sisi lain, peringkat yang diraih KB Bank pun mencerminkan bahwa emiten atau kewajiban itu memiliki ekspektasi risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan semua emiten atau kewajiban lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan bahwa peringkat ‘AAA’ KB Bank yang diberikan Fitch merupakan apresiasi terhadap komitmen atas upaya perbaikan fundamental dan menjadi institusi perbankan terpercaya di Indonesia. 

“Dengan dipertahankannya peringkat nasional KB Bank oleh Fitch, semakin memperkuat komitmen kami untuk memberikan layanan perbankan yang andal dan inovatif sesuai kebutuhan nasabah,” katanya dalam siaran tertulis yang diterima, Kamis (18/4/2023).

Selain itu, Fitch juga menetapkan peringkat nasional jangka panjang KB Bank berada di peringkat ‘AAA(idn)’ atau dalam outlook stabil. Hal itu menunjukkan bahwa KB Bank mampu menjaga stabilitas dalam jangka pendek dan prospek ke depan pun bisa tetap stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pemeringkatan Fitch

Proses pemeringkatan Fitch dilakukan berdasarkan informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi. Pembaruan peringkat Fitch juga dilakukan terhadap berbagai instrumen keuangan KB Bank yang telah diterbitkan sebelumnya.

  • Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AAA(idn)’ untuk Obligasi Berkelanjutan I PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I Tahun 2021 sejumlah Rp1 triliun. 
  • Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Program Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk sejumlah maksimum Rp2 triliun. 
  • Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I tahun 2021 Seri A sejumlah Rp315 miliar.
  • Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AA(idn)’ untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I tahun 2021 Seri B sejumlah Rp685 miliar.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.