Sukses

Mudik Lebaran 2024, "One Way" dari KM 72 Cipali-KM 414 Kalikangkung Diperpanjang

Jasa Marga menyebutkan, pengaturan one way dari KM 72 Jalan Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang pertimbangkan sejumlah faktor.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (Persero) melanjutkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) dari KM 72 Jalan Tol Cipali hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) atau GT Kalikangkung Jalan Tol Batang Semarang hingga Senin, 8 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Hal itu berdasarkan diskresi Kepolisian. Sebelumnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB), rekayasa lalu lintas itu dijadwalkan selesai pada Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Jasa Marga menyebutkan, pengaturan one way ini dilakukan setelah menimbang data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah Semarang. Selain itu, pantauan visual CCTV, laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut hingga pagi hari.

"Rekayasa lalu lintas bersifat situasional berdasarkan diskresi Kepolisian. Bagi pengguna jalan diimbau untuk selalu berhati-hati di jalan dan mematuhi arahan tersebut petugas di lapangan," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani.

Faiza menuturkan, Jasa Marga mencatat tren peningkatan lalu lintas yang signifikan menuju arah timur (Trans Jawa) melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek ada periode H-7 hingga H-4.

"Hingga saat ini, kami mencatat volume lalu lintas tertinggi pada periode Hari Raya Idulfitri 1445 H terjadi pada H-4 (Minggu, 6 April 2024) sebesar 122.607 kendaraan. Meningkat 321,69 persen dari lalin normal, atau naik 25,44 persen dibandingkan Lebaran 2023 pada periode yang sama," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Tutup Contraflow KM 47-KM 70 Arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Sementara itu, usai  penanganan kecelakaan di KM 58+600 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada Senin, 8 April 2024 pukul 07.04 WIB. Atas diskresi Kepolisian, PT Jasamarga Transjawa Tol berlakukan buka tutup contraflow KM 47 hingga KM 70 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Mengutip keterangan tertulis Jasa Marga, untuk mempercepat evakuasi kecelakaan di KM 58 yang melibatkan 3 kendaraan yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan Bus Besar, contraflow KM 47 hingga KM 70 ditutup sementara.

Untuk mencairkan kepadatan di jalur mudik ke arah Trans Jawa, atas diskresi Kepolisian, kemudian contraflow KM 55 s.d KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek kembali diberlakukan pada pukul 10.36 WIB. Dilanjutkan perpanjangan contraflow 2 lajur dari KM 47 s.d KM 70 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 10.43 WIB.

Setelah terpantau kondisi lalu lintas mulai kembali normal, contraflow 2 lajur KM 47 s.d KM 70 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek kembali ditutup pukul 11.30 WIB.

PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol Trans Jawa agar mengantisipasi perjalanan, jika mengikuti jalur contraflow pastikan tetap berada pada jalurnya dan jika mengalami kondisi darurat agar menggunakan bahu dalam, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta selalu berhati-hati dalam berkendara.

Saat lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan serta patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

 

 

 

3 dari 4 halaman

One Way Perdana

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk resmi memberlakukan satu arah atau one way perdana dalam periode arus mudik lebaran 2024. One way diberlakukan di Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Tol Cipali) hingga Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Pemberlakuan one way perdana ini juga diputuskan oleh Korlantas Polri pada Jumat (5/4/2024) malam mulai pukul 21.50 WIB. Tujuannya, mendistribusikan kepadatan arus mudik yang terjadi dari arah Jakarta.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan one way bwelaku mulai dari KM 72 Cikampek.

Dia menyebut, kebijakan ini diputuskan setelah dipastikan lajur sebaliknya (arah barat) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai dengan Cikampek.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi di Lapangan

Realisasi pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga Tanggal 5 Maret 2024 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445H.

"Pemberlakuan rekayasa lalu lintas _One Way_ berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah Jakarta menuju arah Semarang, pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan," ujar Lisye dalam keterangannya, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Dengan diberlakukannya one way dari KM 72 Cikampek, pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta masih bisa mengakses GT Cikampek dan GT Cikampek Utama untuk menuju arah Jakarta.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Layang MBZ yang menuju arah timur/Jalan Tol Trans Jawa terpantau padat dan sejak pukul 18.52 WIB telah diberlakukan contraflow 2 lajur arah Cikampek dari KM 47 hingga KM 70.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini