Sukses

Jurus Astra Infra Hadapi Kepadatan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2024

Astra Infra Toll Road mencatat Tol Tangerang-Merak akan dilewati sebanyak 3,5 juta kendaraan pada mudik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Astra Infra Toll Road siapkan sejumlah langkah untuk antisipasi kepadatan lalu lintas selama mudik Lebaran 2024. Astra Infra Toll Road perkirakan, total kendaraan yang akan melewati ruas jalan tol Tanggerang-Merak, Cikopo-Paliman, Jombang-Mojokerto mencapai 6,8 juta kendaraan atau naik 3,4 persen dibandingkan 2023. 

"Untuk total kendaraan yang melintas itu sebanyak 6,8 juta kendaraan ini naik 3,4 persen dibandingkan lebaran 2023," ujar Ketua Gugus Tigas Lebaran Astra Infra, Rinaldi dalam acara Media Gathering Nasional Persiapan Arus Mudik Lebaran Astra Infra," Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Untuk sebaran kendaraannya antara lain Tol Tangerang-Merak diprediksi sebanyak 3,5 juta kendaraan atau naik 3,6 persen. Selanjutnya untuk jalan tol Cikopo-Paliman sebanyak 2,1 juta kendaraan atau naik 2,2 persen dan jalur Jombang-Mojokerto diprediksi 1,2 juta kendaraan atau naik 5,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, pihaknya memiliki sejumlah langkah, pertama pengaturan lalu lintas berbasis data yakni mempunyai lebih dari 500 unit CCTV dan 7 unit traffic Counter di ketiga ruas tol tersebut. 

"Kami siap mendukung pelaksanaan skenario lalu lintas untuk kelancaran arah lalu lintas dengan memberikan gambaran arus lalu lintas secara akurat dan real time," tutur dia.

Kedua, antisipasi kepadatan lalu lintas di penyeberangan dengan ini pihaknya bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mempersiapkan skenario lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa rest area Km 43A dan rest area Km 68A, Apabila terjadi kepadatan lalu lintas di pelabuhan penyeberangan Merak dengan melakukan delaying system.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas

Ketiga, antisipasi kepadatan lalu lintas di tempat peristirahatan, oleh karena itu pihak yang mengimbau kepada pengguna jalan untuk beristirahat setelah berkendara maksimal 4 jam. 

Namun, dengan tingginya arus lalu lintas sebagai langkah antisipasi kepadatan rest area pengguna jalan memiliki alternati untuk beristirahat di luar jalan tol sebelum kemudian kembali masuk ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan.

Ia menambahkan apabila pengguna jalan memutuskan untuk keluar jalan tol untuk beristirahat maka hal tersebut tidak menambah biaya tarif tol dari pengguna jalan.

"Jika ingin keluar dari jalan tol untuk beristirahat maka ini tidak akan menambah biaya tarif tol dari pengguna jalan," ujar dia.

 

Reporter: Siti A

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Astra Infra Beri Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak hingga Cipali di Mudik Lebaran

Sebelumnya diberitakan, untuk menghadapi lonjakan arus mudik dan balik pada momen mudik Lebaran 1445 H, Astra Infra mempersiapkan skema diskon tarif tol untuk menstimulus penguraian arus mudik dan balik yang berpotensi mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu.

Pemberian diskon tarif tol tersebut nantinya diproyeksikan dipasang untuk tiga ruas di bawah kendali Astra Infra, yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), hingga Tol Jombang-Mojokerto.

"Menyambut momen lebaran tahun ini, Astra Infra berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Harapannya, inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini," ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar, Senin (25/3/2024).

Billy menyebut Astra infra tengah fokus berkoordinasi di internal dan dengan stakeholders terkait untuk mempersiapkan perjalanan arus mudik yang lancar, aman, dan nyaman. Beberapa upaya dilakukan untuk mengurai kepadatan di puncak arus mudik/balik Lebaran, salah satunya dengan merencanakan pemberian diskon tarif. 

"Adapun terkait detil besaran serta periode diskon, Astra Infra sedang melakukan evaluasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal," imbuhnya.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.  Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang serta peningkatan kapasitas parkir di rest area Km 43 A.

4 dari 4 halaman

Antisipasi Kepadatan

Adapun mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan, telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat. Di sisi lain, untuk mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Billy mengutarakan, guna mengurai kepadatan pada puncak arus mudik Lebaran, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus. 

"Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa perbekalan secukupnya," tuturnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.