Sukses

Kejari Kota Tangerang Beri Pendampingan Hukum ke Pengelola Bandara Soekarno Hatta

Permasalahan hukum perdata yang dialami Bandara Soekarno Hatta misalnya, dalam hal pembebasan lahan untuk memperluas layanan kebandaraan. Yakni antara Angkasa Pura II dengan masyarakat, sehingga butuh pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II gandeng Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, untuk penanganan penyelesaian hukum bidang perdata dan tata usaha negara di lingkup Bandara Soekarno Hatta

Menurut EGM Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, mengatakan bahwa perjanjian kerjasama ini bukan kali pertama dilakukan. Melainkan sudah diperpanjang untuk kesekian kalinya, sebagai upaya pendampingan hukum, untuk penyelesaian permasalahan perdata ataupun tata usaha negara.

"Seperti kita ketahui, kami perusahaan terutama BUMN dalam pengelolaannya pasti akan ada atau muncul beberapa permasalahan hukum. Setelah ini pasti ada tindak lanjut pendampingan,"ujarnya, Rabu (20/3/2024).

Permasalahan hukum perdata yang dialami Bandara Soekarno Hatta misalnya, dalam hal pembebasan lahan untuk memperluas layanan kebandaraan. Yakni antara APII dengan masyarakat, sehingga butuh pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.

"Contoh beberapa waktu lalu, kita melakukan pembebasan lahan untuk runway 3, itu juga muncul disfute (masalah) dengan masyarakat. Saat itu butuh pendampingan hukum, ya seperti itu salah satu contohnya,"ujar Dwi Ananda.

Sementara di lain pihak, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, I Ketut Maha Agung menyarankan, bukan persoalan antara perusahaan dengan masyarakat saka yang perlu diperhatikan. Melainkan juga internal perusahaan yang juga perlu pengawasan.

"Sekarang pengadaan barang dan jasa itu rawan untuk disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dalam hal ini panitia pengadaan jasa itu sendiri,"kata Ketut.

Untuk itu, Kejari Kota Tangerang mau melakukan pendampingan, agar dalam pengadaan barang dan jasa sesuai dengan hukum, tupoksinya, serta tidak diselewengkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

5 Bandara Angkasa Pura II Tancap Gas Buka Rute Penerbangan Baru di Awal 2024

Sebelumnya, bandara-bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II langsung membuka rute-rute penerbangan baru pada awal 2024 ini. Rute baru yang dibuka itu merupakan rute penerbangan langsung (direct flight).

SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura II Deni Krisnowibowo mengatakan, pembukaan rute-rute baru ini bertujuan untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat. Sekaligus meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian nasional.

"Sejak awal tahun, bandara-bandara AP II membuka rute-rute baru. Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis," ujar Deni, Minggu (21/1/2024).

"Ini juga sebagai upaya AP II untuk terus menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi Covid-19 pada 2020-2022. Tentunya pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada," imbuhnya.

Adapun bandara-bandara Angkasa Pura II lainnya juga akan membuka rute-rute baru, serta menambah frekuensi penerbangan di rute eksisting untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat.

"Rute-rute baru lainnya di bandara AP II akan kami informasikan secara berkala. Kami berharap bandara AP II pada tahun ini dapat meningkatkan kontribusi pada sektor pariwisata dan perekonomian nasional," tutur Deni.

Berdasarkan data per 21 Januari 2024, Deni mengatakan pada Januari-Februari 2024, terdapat 5 bandara AP II yang membuka rute penerbangan baru.

Berikut bandara AP II yang membuka rute baru penerbangan langsung pada Januari-Februari 2024 berdasarkan data per 21 Januari:

3 dari 7 halaman

1. Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan-Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Rute ini dioperasikan Qatar Airways sebanyak 3 kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner.

Bandara Kualanamu sendiri dikelola oleh PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) yang merupakan bagian dari AP II.

Direktur Operasi AVI Heriyanto Wibowo mengatakan pembukaan rute Medan-Doha dan sebaliknya ini memperkuat upaya Bandara Kualanamu untuk menjadi bandara hub.

"Penumpang pesawat atau wisatawan dari Doha dapat berwisata di Sumatera Utara serta destinasi-destinasi wisata di Indonesia lainnya melalui Bandara Kualanamu," kata Heriyanto.

4 dari 7 halaman

2. Bandara Radin Inten II

Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung - Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi 4 kali sepekan.

Executive General Manager Bandara Radin Inten II Untung Basuki mengatakan, rute baru ini mengkoneksikan dua destinasi wisata di Indonesia yang sudah terkenal dengan keindahan pantainya.

"Kami berharap rute antara dua destinasi wisata ini yakni Lampung - Denpasar akan turut semakin menggairahkan pariwisata nasional," ujar Untung Basuki.

5 dari 7 halaman

3. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta akan membuka rute penerbangan baru, yakni Jakarta - Kota Kinabalu (Malaysia) pada 6 Februari 2024 oleh Indonesia AirAsia; dan rute Jakarta-Nanning (China) oleh Sichuan Airlines pada Januari/Februari 2024.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan pembukaan dua rute baru akan semakin mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan internasional.

"Sebagai bandara tersibuk di Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta berupaya untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional melalui konektivitas penerbangan," paparnya.

6 dari 7 halaman

4. Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau dan maskapai Lion Air membuka rute Padang-Surabaya mulai 18 Januari 2024; kemudian Super Air Jet membuka rute penerbangan Padang-Medan mulai 24 Januari 2024.

"Kami berharap pembukaan rute-rute ini semakin memberikan kemudahan perjalanan udara bagi masyarakat Sumatera Barat, begitu pun bagi masyarakat yang ingin ke Sumbar," jelas EGM Bandara Minangkabau Indrawansyah

7 dari 7 halaman

5. Bandara Sultan Syarif Kasim II

Bandara Sultan Syarif Kasim II bersama maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Pekanbaru-Surabaya mulai 13 Januari 2024.

EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II Radityo Ari Purwoko mengatakan rute Pekanbaru-Surabaya merupakan rute yang sebelumnya pernah ditutup dampak dari pandemi Covid-19.

“Rute Pekanbaru-Surabaya kembali diaktifkan pada Januari 2024, menandakan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II berjalan dengan baik," terang Radityo Ari Purwoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini