Sukses

Arahan Menteri ESDM Usai Lantik Dirjen EBTKE dan Kepala Badan Geologi Baru

Menteri ESDM Arifin Tasrif melantik 12 Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik dan mengambil sumpah Eniya Listiani Dewi sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukkan dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Dr. Ir. Muhammad Wafid A.N. sebagai Kepala Badan Geologi , M.Sc di Jakarta, Kamis (14/3).

Selain menjalankan amanah dan tugas, Menteri Arifin secara khusus meminta Dirjen EBTKE untuk mengawal transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

"Saya perlu terus ingatkan, bahwa jabatan adalah amanah dan kepercayaan pimpinan. Untuk itu, setiap pejabat harus mampu mengemban amanah dan menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan dengan menunjukan kinerja yang baik," kata Arifin usai melantik 12 Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM.

Menteri Arifin berharap berharap Direktur Jenderal EBTKE yang baru dilantik dan jajarannya yang selesai melalui proses rotasi, dapat terus mengembangkan transisi energi menuju Net Zero Emission.

"Kepada Dirjen EBTKE yang baru dilantik, saya harap dapat terus melakukan pengembangan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE), kita ketahui bersama hal ini dilatarbelakangi oleh Komitmen Internasional Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca dengan kontribusi energi sebesar 358 juta ton CO2e pada 2030,"ujar Arifin.

Arifin juga meminta Dirjen EBTKE untuk memastikan agar pendanaan melalui APBN, non APBN dan lainnya dapat digunakan untuk membiayai proyek-proyek prioritas dengan bunga rendah seperti pembangunan transmisi dan proyek pembangkit listrik energi terbarukan guna mendukung pengembangan industri dan segera untuk menyelesaikan RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Arifin Dorong Badan Geologi Kurangi Resiko Kebencanaan

Adapun arahan Menteri Arifin kepada Kepala Badan Geologi diantaranya adalah terus mengungkap berbagai potensi sumber daya geologi hingga kurangi resiko kebencanaan.

"Kompleksitas dan keragaman kondisi geologi Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki potensi sumber daya geologi yang sangat besar. Oleh karena itu, saya minta Kepala Badan Geologi yang baru dilantik untuk terus mengawal upaya pengungkapan berbagai potensi sumber daya geologi, mengurangi resiko kebencanaan dan memberikan rekomendasi pembangunan infrastruktur," imbuh Arifin.

Sebagai informasi Dirjen EBTKE Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi sebelumnya merupakan Peneliti Ahli Utama di Badan Riset dan Inovasi Nasional sedangkan Kepala Badan Geologi Dr. Ir. Muhammad Wafid A.N., M.Sc sebelumnya adalah Staf Ahli Menteri Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini