Sukses

Pendaftaran Mudik Gratis Pegadaian Dibuka Hari ini, Buka Link mudikasyikpegadaian2024.com

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT Pegadaian kembali menyelenggarakan program mudik gratis sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT Pegadaian kembali menyelenggarakan program mudik gratis sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

Dengan tema Mudik Asyik Bersama BUMN, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman mudik gratis 2024 yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi masyarakat.

Melalui Program Mudik Asyik Bersama BUMN, PT Pegadaian terus mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan TPB/SDGs 11 yaitu Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan, dalam bentuk mengurangi beban ekonomi pemudik, sehingga alokasi biaya mudik bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang mungkin lebih mendesak, serta menciptakan peluang ekonomi bagi berbagai pihak, mulai dari operator moda transportasi hingga UMKM yang terlibat langsung maupun tidak langsung selama program berlangsung.

Program ini terbuka untuk seluruh masyarakat di Jabodetabek, dengan total kuota 1000 peserta. Keberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 dari Jakarta, menuju 10 titik destinasi di Pulau Jawa.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyampaikan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan program mudik gratis ini adalah untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan tradisi mudik, yang merupakan bagian penting dari perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Kegiatan ini salah satu upaya PT Pegadaian dalam memberikan kontribusi sosial yang berarti bagi masyarakat. Kami memahami bahwa momen berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman merupakan salah satu kebahagiaan yang tak ternilai, dan kami ingin memastikan bahwa kesempatan tersebut dapat diakses oleh lebih banyak orang tanpa terkecuali,” ujar Damar dikutip Rabu (13/3/2024).

Damar menambahkan, melalui program Mudik Asyik Bersama BUMN ini, harapannya perusahaan dapat memberikan manfaat yang baik bagi para peserta mudik, sekaligus menguatkan tali silaturahmi antar masyarakat di seluruh Indonesia.

Pendaftaran Mudik Gratis

Pendaftaran mudik gratis 2024 Pegadaian dibuka pada tanggal 13-15 Maret 2024 melalui link registrasi www.mudikasyikpegadaian2024.com. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program mudik gratis ini, termasuk rute, jadwal keberangkatan, dan fasilitas yang disediakan, dapat dilihat pada akun Instagram PT Pegadaian melalui @pegadaian_id dan @tjslpegadaian.

PT Pegadaian juga menyediakan layanan customer service yang dapat dihubungi melalui nomor 1500-569 untuk menjawab setiap pertanyaan terkait Program Mudik Gratis Bersama BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Buruan Daftar Mudik Motor Gratis, Simak Syarat dan Rutenya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan kembali membuka program angkutan Motor Gratis (Motis) sambut mudik Lebaran 2024.

Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

"Adapun tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan, sehingga tingkat keselamatan meningkat," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (12/3/2024).

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret-18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Agar dapat mengikuti program Motis 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan sebagai berikut:

- KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK;

- Besaran Motor <200 CC;

- Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk;

- Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif. DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu:

-  Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

- Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

- Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Motis 2024 akan diselenggarakan pada 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu s.d Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya. Untuk info lebih lanjut terkait Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

3 dari 5 halaman

KAI Dukung Program Motis

Didiek Hartantyo mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

"KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini," ujar Didiek.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Arif Anwar berharap penyelenggaraan angkutan Motis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

"Ayo manfaatkan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya," ujar Arif.

 

4 dari 5 halaman

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis, Simak Caranya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pendaftaran untuk mudik gratis Lebaran 2024 ini. Masyarakat sudah bisa mendaftar mulai Rabu, 6 Maret 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan pendaftaran dilakukan melalui aplikasi 'Mitra Darat' yang bisa diunduh oleh masyarakat di Google Play Store maupun AppStore.

"Pendaftaran dapat dilakukan mulai hari ini hingga tanggal 3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi," kata Hendro dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Pada aplikasi MitraDarat, calon pemudik melakukan login pada aplikasi dengan memasukkan email / akun Google. Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta. Jika login sudah berhasil maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat dan pilih tab 'event' untuk lihat menu Mudik Gratis.

Untuk melakukan pemesanan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu 'Mudik Gratis' pada aplikasi MitraDarat. Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. Setelah itu, calon pemudik dapat mengisi data diri. Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol 'Selesaikan Pemesanan'.

"Adapun untuk syarat dan Ketentuan Mudik Gratis Tahun 2024 antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile “MitraDarat”. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP). Setiap peserta hanya bisa memilih 1 (satu) kota tujuan mudik,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Bila peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik. Syaratnya, asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban). 

 

5 dari 5 halaman

Validasi untuk Peserta

Bagi peserta diberikan waktu H+5 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan. 

Apabila lewat H+5 (lima) peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah). Masyarakat tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.

"Jika calon pemudik tidak melakukan registrasi/validasi ulang sampai batas waktu yang ditentukan maka NIK-nya secara otomatis akan terkena banned dan tidak dapat mengikuti program mudik gratis pada periode selanjutnya selama 3x berturut-turut. Tentu ini harus jadi perhatian bagi para calon peserta," ujar dia. 

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat – surat  kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Bagi setiap peserta mudik gratis diharapkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan. 

"Untuk 1 akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai 4 peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan 1 akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak 1 kali," pungkasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.