Sukses

Ribuan Hektare Siap Panen, Kabupaten Tanah Laut Bakal Penuhi Stok Beras Nasional

PJ Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman mengatakan varietas yang digunakan dalam pertanaman ini adalah varietas lokal siam cantik yang memiliki produksi tinggi sebesar 7-8 ton per hektare.

Liputan6.com, Tanah Laut Panen raya padi hasil produksi tahun 2023 dilakukan para petani di Desa Handil Birayang Atas, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut. PJ Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman mengatakan varietas yang digunakan dalam pertanaman ini adalah varietas lokal siam cantik yang memiliki produksi tinggi sebesar 7-8 ton per hektare.

"Karena produksinya tinggi, kami sedang berupaya meningkatkan pertanaman dua kali selama setahun. Sebab dengan dua kali, maka para petani akan mendapatkan hasil dan keuntungan yang berlipat," ujar Syamsir, Senin (11/3).

Sejauh ini, kata Syamsir, Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu lumbung padi di wilayah Kalimantan Selatan yang siap memasok kebutuhan beras nasional. Diketahui, saat ini masih ada 2.200 hektare lahan yang akan segera panen.

"Kami berharap panen tahun ini menjadi gerakan bersama dalam mewujudkan tanah laut sebagai lumbungnya beras dari Kalimantan," katanya.

Syamsir mengaku bersyukur karena proses pertanaman tahun ini tidak tersentuh hama tungro maupun wereng yang selalu mengancam petani dalam berproduksi. Dia mengatakan, panen raya masih berlangsung di dua kecamatan lain, artinya setiap hari akan ada panen di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

"Dan hari ini saya bangga sekali karena dalam kegiatan panen raya ini kita dibantu polisi dan juga TNI yang melakukan tanam secara langsung. Setelah panen kami akan langsung menggelar tanam," katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan kebutuhan beras pada Maret, April dan Mei mendatang dalam kondisi aman. Dengan begitu, masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan beras pada bulan suci ramadan dan Idulfitri. 

Mentan Amran mengatakan, kepastian tersebut merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait panen raya petani yang berlangsung pada bulan Februari dan Maret tahun ini.

"InsyaAllah sesuai dengan data BPS, kebutuhan beras kita untuk Maret April dan Mei dalam kondisi aman. Akan tetapi untuk kebutuhan bulan Juni kita bisa menghitung dari pertanaman sekarang (Maret)," katanya.

Menurut Mentan, sedikitnya pertanaman satu juta hektare harus disiapkan mulai dari sekarang terutama untuk mengamankan stok beras di 3 bulan ke depan. Hitungan pertanamannya adalah, Maret, April, dan Mei masing-masing menanam satu juta hektare.

"Kalau satu juta hektare per bulan berarti produksinya bisa 3 juta sampai 3,5 juta ton, sedangkan kebutuhan kita hanya 2,5 juta ton. Artinya beras kita surplus," kata Mentan Amran. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.