Sukses

Bulan K3, Cara Pertamina RJBB Gaungkan Kegiatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional jatuh setiap bulan Januari sampai dengan Februari.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional jatuh setiap bulan Januari sampai dengan Februari. Perusahaan terus berupaya menjaga K3 di lokasi kerjanya. Seperti Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (RJBB) melangsungkan berbagai kegiatan sesuai dengan tema bulan K3 tahun 2024 di seluruh lokasi kerja.

Dengan mengusung tema bulan K3 tahun 2024 yaitu “Budayakan Health, Safety, Security & Environment(HSSE) Pada Diri, Rekan Kerja dan Keluarga Untuk Menjaga Keberlanjutan Bisnis”.

Executive General Manager Regional JBB Deny Djukardi yang juga pembina bulan K3 mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan di bulan K3 ini sangat baik untuk lebih meningkatkan kesadaran Perwira Pertamina JBB. Kesadaran akan pentingnya menerapkan budaya HSSE yang tidak terlepas dari pekerjaan sehari-hari dalam mengelola barang mudah terbakar dan sewaktu-waktu dapat menghadapi kondisi darurat sehingga keselamatan dalam bekerja dan keberlangsungan usaha dapat terjaga.

Bulan K3 2024 Regional JBB digelar dengan berbagai kegiatan. Ini antara lain Sosialsiasi Process Hazzard Analysis (PHA) di lokasi kerja, Upskilling Tenaga Alih Daya (TAD), Upskilling Fleet Safety Management, Training Operator SPBU, Jawara Competition, Emergency Drill serentak dan Ahli Teknik dan Sertifikasi Safetyman Migas.

Ketua Pelaksana Region Manager Rel. & Project Development Novriantari mengatakan kegiatan ini mengacu kepada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 244 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2024 dan Nota Dinas Manager Planning,Monitoring,Audit & System Management kantor pusat perihal Penyampaian Guidelines dan Penyelarasan Kegiatan Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 PT Pertamina Patra Niaga yang pembukaannya dilaksanalan pada tanggal 19 Januari 2024.

“Pelaksanaan bulan K3 di lingkungan kerja Regional JBB ini memiliki beberapa tujuan. Tentunya tidak hanya bagi pekerja namun juga para mitra kerja yang sehari-harinya bekerja berdampingan seperti menanamkan dan meningkatkan budaya HSSE kepada seluruh Perwira Pertamina, meningkatkan wawasan, keterampilan, kompetensi, dan keterlibatan perkerja terkait aspek HSSE, menekan angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja dan meningkatkan produktivitas kerja dan menjaga keberlanjutan Bisnis” jelas Novriantari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Lain

Salah satu rangkaian kegiatan bulan K3 ini yaitu Management Walkthrough (MWT) yang dilakukan seluruh management Regional JBB ke Fuel Terminal (FT) & Integrated Terminal (IT) di wilayah Banten, DKI Jakarta serta Jawa Barat dan Jawara Competition yang di laksanakan pada tanggal 29 Februari 2024 di Maritime Training Center (MTC) Plumpang dan di tutup pada 1 Maret 2024.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan bahwa MWT yang dilaksanakan ke Fuel Terminal, Integrated Terminal, Aviation Fuel Terminal di wilayah Jawa Bagian Barat merupakan bentuk perhatian sampai tingkat tim management mengingat pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja baik antar pekerja di lingkungan tempat kerja merupakan concern utama perusahaan, terutama operasional yang lokasinya berdampingan dan berdampak kepada masyarakat.

“Bulan K3 ini juga menjadi ajang edukasi sampai dengan mitra kerja untuk mengasah kesigapan seluruh personel agar dapat melakukan penanggulangan secara cepat dan tepat apabila terdapat kendala saat operasional berlangsung serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan untuk menjaga keberlanjutan bisnis” tutup Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.