Sukses

Sony PHK 900 Karyawan PlayStation

Sony Interactive Entertainment pada hari Selasa (27/2) mengatakan akan melakukan PHK terhadap sekitar 900 karyawannya di unit PlayStation

Liputan6.com, Jakarta Badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berlanjut di sektor teknologi global.

Sony Interactive Entertainment pada hari Selasa (27/2) mengatakan akan melakukan PHK terhadap sekitar 900 karyawannya di unit PlayStation-nya.

Jumlah tersebut setara dengan 8 persen dari tenaga kerja global Sony, menjadikannya perusahaan teknologi terbaru yang melakukan pengurangan karyawan di 2024.

"Setelah pertimbangan yang cermat dan banyak diskusi kepemimpinan selama beberapa bulan, menjadi jelas bahwa perubahan perlu dilakukan untuk terus mengembangkan bisnis dan mengembangkan perusahaan,” kata Presiden dan CEO unit Playstation, Jim Ryan dalam email kepada karyawan, dikutip dari CNBC International, Rabu (28/2/2024).

Ia menambahkan, karyawan di seluruh wilayah perusahaan akan terkena dampak PHK tersebut.

Studio PlayStation di London juga akan ditutup secara keseluruhan, dan beberapa studio lain akan terkena dampaknya.

Pada 14 Februari 2024, raksasa game asal Jepang itu memangkas perkiraan penjualan konsol PlayStation 5 andalannya setelah mengungkapkan akan ada penurunan permintaan.

Sony pada saat itu mengatakan pihaknya memperkirakan hanya akan menjual 21 juta unit PlayStation 5 pada tahun fiskal yang berakhir pada bulan Maret, turun dari perkiraan sebelumnya yang mendekati 25 juta konsol.

Saham perusahaan anjlok tajam setelah pengumuman pemotongan perkiraan tersebut.

Analis telah mengantisipasi bahwa Sony akan merilis versi baru dari PlayStation 5 tahun ini, untuk meningkatkan minat terhadap konsol tersebut.

Pengumuman hari Selasa dari Sony adalah yang terbaru dari serangkaian PHK yang berdampak pada industri teknologi.

Pada Januari 2024, raksasa teknologi Microsoft melakukan PHK terhadap sekitar 9 persen unit gamenya setelah mengakuisisi Activision Blizzard. Adapun Cisco dan DocuSign yang di awal bulan ini mengumumkan rencana untuk memangkas tenaga kerja mereka sebagai bagian dari rencana restrukturisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Badai PHK Belum Usai, Platform Perjalanan Online Expedia Pangkas 1.500 Karyawan

Platform perjalanan online asal Amerika Serikat, Expedia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sekitar 1.500 pekerjanya secara global.

Jumlah tersebut setara 9 persen dari total tenaga kerja Expedia, sebagai bagian dari restrukturisasi organisasi dan teknologi.

Mengutip US News, Selasa (27/2/2024) restrukturisasi ini dilakukan setelah Expedia memperingatkan awal bulan ini bahwa pendapatan akan berkurang pada tahun 2024 karena harga tiket pesawat turun. Adapun pengunduran diri CEO Expedia, Peter Kern.

"Bisnis ini terus mengevaluasi alokasi sumber daya yang tepat untuk memastikan pekerjaan yang paling penting terus diprioritaskan," kata juru bicara Expedia Group.

Perusahaan juga telah mengurangi ekspektasi pendapatannya untuk 2024, sebuah tanda bahwa permintaan diperkirakan akan tumbuh lebih lambat tahun ini.

Pekan lalu, Booking Holdings memperkirakan pertumbuhan pemesanan kuartal pertama 2024 dan setahun penuh lebih lambat karena permintaan perjalanan di AS menjadi normal.

Total biaya sebelum pajak dan pengeluaran tunai yang terkait dengan tindakan restrukturisasi diperkirakan antara USD 80 juta dan USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun kata Expedia.

Diwartakan sebelumnya, pembuat perangkat lunak manajemen restoran asal AS, Toast juga melakukan PHK massal terhadap 550 karyawan, atau sekitar 10 persen dari tenaga kerjanya.

PHK di Toast merupakan salah satu upaya penghematan biaya USD 45 juta hingga USD 55 juta sebagian besar untuk kuartal pertama, dan penghematan tahunan sebesar USD 100 juta.

3 dari 4 halaman

Sempat Bernilai USD 5,7 Miliar, Kini Vice Media Terpaksa PHK Ratusan Karyawan

Perusahaan media Amerika-Kanada, Vice Media berencana melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan pekerjanya.

Melansir BBC, Minggu (25/2/2024) PHK di Vice Media terkait dengan pemberhentian penerbitan konten di Vice.com, menurut memo dari kepala eksekutif perusahaan itu, Bruce Dixon.

Dixon mengatakan Vice berencana untuk "bermitra dengan perusahaan media mapan untuk mendistribusikan konten digital kami".

Perusahaan media termasuk Channel 4, Los Angeles Times, dan Business Insider juga memangkas pekerjaan tahun ini.

Dixon mengatakan "tidak lagi hemat biaya bagi kami untuk mendistribusikan konten digital seperti yang kami lakukan sebelumnya," kata Dixon dalam memo tersebut.

"Sayangnya, ini berarti kami akan mengurangi tenaga kerja kami, menghilangkan beberapa ratus posisi," ungkapnya.

Dikatakan juga, pengumuman PHK akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Pada Mei 2023, Vice Media mengajukan kebangkrutan di AS dan dibeli oleh Fortress Investment Group.

Sebelum mengajukan perlindungan kebangkrutan Chapter 11, sebuah prosedur untuk menunda kewajiban perusahaan AS kepada kreditornya, Vice telah melakukan PHK seiring penutupan program TV andalannya.

Diluncurkan pada tahun 1994 sebagai majalah pinggiran bernama Voice of Montreal oleh Shane Smith, Gavin McInnes dan Suroosh Alvi, Vice Media beroperasi di lebih dari 30 negara.

Perusahaan ini bernilai USD 5,7 miliar pada tahun 2017 dan pernah digembar-gemborkan sebagai bagian dari perusahaan garda depan yang akan mendisrupsi lanskap media tradisional dengan konten yang modern, dan berfokus pada kaum muda yang mencakup media cetak, acara, musik, online, TV, dan fitur film.

4 dari 4 halaman

Produsen Truk Listrik California PHK 10% Karyawan

Pembuat truk dan SUV listrik yang berbasis di California, Amerika Serikat, Rivian mengumumkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 10 persen karyawannya.

PHK di Rivian terjadi di tengah kerugian triwulanan dan pasar kendaraan listrik di AS yang semakin kompetitif.

"Bisnis kami menghadapi lingkungan makroekonomi yang menantang, termasuk suku bunga yang tinggi secara historis dan ketidakpastian geopolitik, dan kami perlu membuat perubahan yang terarah sekarang untuk memastikan masa depan kami yang menjanjikan," tulis pendiri dan CEO Rivian, RJ Scaringe dalam sebuah pesan email kepada karyawan, dikutip dari CNN Business, Jumat (23/2/2024).

Diketahui, Rivian memiliki total 16,700 karyawan tetapi tidak mengungkapkan berapa banyak dari mereka yang dianggap sebagai karyawan bergaji.

Dalam dua kesempatan berbeda, produsen EV itu telah memberhentikan 6 persen tenaga kerjanya karena perusahaan berupaya mengurangi kerugiannya.

Penjualan kendaraan listrik belum berkembang secepat tahun lalu, dan produsen mobil menyalahkan tingginya suku bunga sebagai penyebab perlambatan tersebut.

Pada saat yang sama, Tesla secara agresif juga memangkas harga kendaraannya, sehingga memberikan tekanan pada produsen mobil lain. Ford, misalnya, baru-baru ini mengumumkan akan memangkas harga Mustang Mach-E, pesaing langsung SUV Tesla Model Y.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.