Sukses

Waspada Harga Minyak Mentah Dunia Melonjak Minggu Depan

Harga minyak datar pada hari Jumat, namun menuju kenaikan mingguan.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak datar pada hari Jumat, namun menuju kenaikan mingguan. Potensi lonjakan harga minyak dunia ini terjadi karena para pedagang menilai ketegangan di Timur Tengah dan gangguan produksi minyak yang disebabkan oleh cuaca dingin di AS, produsen minyak terbesar di dunia, serta kekhawatiran terhadap kesehatan perekonomian Tiongkok dan global.

Pakistan melancarkan serangan terhadap militan separatis di wilayah Iran pada hari Kamis sebagai serangan balasan, sementara AS melancarkan serangan baru terhadap rudal anti-kapal Houthi yang ditujukan ke Laut Merah.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (20/1/2024), harga minyak mentah berjangka Brent turun 10 sen menjadi USD 79 per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 10 sen menjadi USD 73,98.

“Meskipun harga minyak mentah masih sensitif terhadap peristiwa di Timur Tengah, seperti yang kita lihat selama beberapa minggu terakhir, pasar minyak tetap seimbang,” kata Craig Erlam, analis di broker OANDA.

“Gangguan pasokan masih merupakan risiko positif, namun ada pula risiko negatifnya, termasuk terhadap perekonomian global.”

Jalur Kenaikan

Untuk minggu ini, patokan AS berada di jalur kenaikan sekitar 2% sementara Brent diperkirakan naik 1%. Kedua indeks tersebut naik pada hari Kamis setelah Badan Energi Internasional (IEA) menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak tahun 2024.

“Seiring dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, para pedagang tidak ingin mengambil posisi short, namun mereka juga berhati-hati untuk terus membangun posisi long karena pemulihan ekonomi Tiongkok masih lambat,” kata Hiroyuki Kikukawa, presiden NS Trading, sebuah unit dari Nissan Sekuritas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proyeksi Harga Minyak

Meskipun perkiraan pertumbuhan permintaannya lebih tinggi, proyeksi IEA hanya setengah dari proyeksi kelompok produsen OPEC, dan badan yang berbasis di Paris ini juga mengatakan bahwa – kecuali ada gangguan signifikan terhadap aliran minyak – pasar tampaknya memiliki pasokan yang cukup baik pada tahun 2024.

Meskipun ketegangan di Timur Tengah belum menghentikan produksi minyak apa pun, pemadaman pasokan terus berlanjut di Libya dan sekitar 40% produksi minyak di North Dakota, negara bagian AS yang memproduksi minyak terbesar, tetap ditutup karena suhu dingin ekstrem pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini