Sukses

Frederik X Resmi Jadi Raja Denmark, Berapa Harta Kekayaannya?

Frederik X resmi naik takhta menjadi Raja Denmark pada Minggu (14/1). menggantikan ibunya, Ratu Margrethe II, yang secara resmi turun takhta setelah 52 tahun menjabat.

Liputan6.com, Jakarta Frederik X resmi naik takhta menjadi Raja Denmark pada Minggu (14/1) menggantikan ibunya, Ratu Margrethe II, yang secara resmi turun takhta setelah 52 tahun menjabat.

Pengangkatan Frederik X menjadi raja berlangsung menyusul pengumuman pada malam tahun baru dari Ratu Margrethe II bahwa ia akan turun takhta, yang sebelumnya dikenal sebagai pemimpin monarki terlama di Eropa setelah Ratu Elizabeth II dari Inggris.

Namun Denmark, salah satu monarki tertua di dunia, tidak mengadakan penobatan.

Melansir CNN, Senin (15/1/2024) Frederik André Henrik Christian atau yang kini dikenal sebagai Raja Denmark Frederik X, lahir pada tahun 1968, anak pertama dari Ratu Margrethe II dan mendiang suaminya, Pangeran Henrik.

Nama depan sang raja dipilih sesuai dengan tradisi kerajaan Denmark, di mana ahli waris diberi nama Frederik atau Christian.

Saudara satu-satunya, Pangeran Joachim, lahir pada tahun 1969. Frederik muda menempuh pendidikan dasar di Krebs’ Skole, sebuah sekolah swasta elite di Kopenhagen, sebelum melanjutkan ke sekolah berasrama di Normandia, Prancis.

Pendidikan

Raja Denmark itu kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Aarhus. Berlanjut pada tahun 1995, ia menjadi anggota Kerajaan Denmark pertama yang memperoleh gelar master.

Studi ilmu politiknya mencakup satu tahun di luar negeri, di Harvard, di mana ia terdaftar dengan nama samaran Frederik Henriksen-–mengacu pada ayahnya.

Selama di Amerika Serikat, Frederik, yang juga fasih berbahasa Prancis, Inggris, dan Jerman memperoleh gelar diplomatik dengan bertugas di misi Denmark di PBB selama beberapa bulan pada tahun 1994.

Ia kemudian ditempatkan di Paris selama satu tahun, sebagai sekretaris pertama Kedutaan Denmark pada tahun 1998.

Sejauh ini, belum ada laporan resmi mengenai kekayaan bersih yang dimiliki Raja Denmark Frederik.

Namun, laporan sejumlah media salah satunya The Sun, menyebutkan bahwa keluarga kerajaan Denmark memiliki harta kekayaan senilai USD 40 juta atau sekitar Rp 621,7 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluarga Raja Denmark Frederik X

Selain pendidikan, Frederik juga menjalani pelatihan militer ekstensif di ketiga cabang militer Denmark, terutama menyelesaikan pelatihan di Korps Manusia Katak elit angkatan laut.

Frederik menikah dengan eksekutif asal Australia, Mary Elizabeth Donaldson setelah keduanya bertemu di Sydney pada tahun 2000, ketika putra mahkota berada di Australia untuk Olimpiade Musim Panas 2000.

Empat tahun kemudian, pasangan tersebut menikah dalam sebuah upacara mewah di Katedral Kopenhagen di hadapan jemaat raja, ratu dan tamu terhormat dan disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Mereka sekarang memiliki empat anak: Christian (18) yang menjadi putra mahkota baru Denmark setelah ayahnya naik takhta, Isabella (16), dan dua saudara kembar Vincent dan Josephine (13).

 

3 dari 3 halaman

Aktif di Bidang Olahraga

Selain menjadi perwira militer yang berprestasi, Raja Frederik juga kerap aktif dalam dunia olahraga. Selama bertahun-tahun, ia telah berlari beberapa kali maraton di Kopenhagen, Paris, dan New York dan pada tahun 2013 menjadi anggota kerajaan pertama yang berkompetisi dalam Ironman, menyelesaikan dengan waktu 10:45:32.

Ia juga merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional antara tahun 2009 hingga 2021 dan, pada tahun 2000, ia ikut serta dalam ekspedisi kereta luncur sepanjang 2.795 kilometer (1.737 mil), sela empat bulan melintasi Greenland bagian utara, sebuah wilayah otonomi Denmark.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.