Sukses

Bulog Langsung Pecat Buruh yang Viral Mandi Beras, Kepala Gudang Dimutasi

Perum Bulog langsung memecat oknum buruh yang mempermainkan beras di gudang milik perusahaan. Menyusul, video viral seorang pria yang 'mandi' beras Bulog.

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog langsung memecat oknum buruh yang mempermainkan beras di gudang milik perusahaan. Menyusul, video viral seorang pria yang mandi beras Bulog.

Manajer Humas dan Kelembagaan Tomi Wijaya menegaskan pihak yang terlibat dalam video oknum yang mempermainkan beras di gudang sudah diberikan sanksi. Oknum buruh yang merupakan tenaga harian lepas di gudang Banjar Kemantren 2 dalam video viral sudah tidak dipekerjakan lagi. Kemudian Kepala Gudang Banjar Kemantren 2 sudah diberikan Surat Peringatan (SP) dan dimutasi.

 

“Mengenai oknum buruh dalam video yang sedang banyak beredar tersebut merupakan tenaga harian lepas di gudang bukan karyawan BULOG, dan per hari ini buruh tersebut sudah tidak dipekerjakan lagi di Gudang," kata Tomi dalam keterangannya, Kamis (28/12/2023).

"Kemudian Kepala Gudang Banjar Kemantren 2 sebagai penanggungjawab kegiatan di Gudang kejadian juga sudah diberikan SP dan dimutasi," jelas dia.

Viral di Medsos

Tomi juga menyesalkan insiden yang terjadi di video viral di media sosial itu. Sebagian kecil beras-beras impor yang karungnya sobek hasil pengangkutan dari kapal ke gudang yang seharusnya diangkut oleh buruh ke mesin Rice to Rice (RtR) malah dipermainkan oleh oknum buruh.

“Sudah jutaan ton beras impor tahun ini yang kita angkut dari Kapal menuju ke gudang-gudang BULOG yang artinya ada puluhan juta karung yang diangkut dan hanya beberapa karung saja yang mengalami sobek dan bocor sehingga perlu dikumpulkan untuk diangkut kembali ke mesin pengolahan RtR”, kata Tomi.

Tomi menambahkan, BULOG telah memiliki standardisasi mutu dan quality control untuk menjaga proses dan kualitas beras. Atas kejadian ini Manajemen BULOG akan meningkatkan pengawasan di gudang guna mencegah perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi

Viral di media sosial seorang pria tanpa pakaian memandikan tubuhnya dengan beras. Terlihat juga pria tersebut diguyur dengan beras yang dibungkus karung bertuliskan Bulog.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Humas & Kelembagaan Perum BULOG Tomi Wijaya berjanji akan menindak tegas pria yang ada dalam video viral tersebut. Dia juga mengaku telah menelusuri lokasi video itu diambil.

"Sudah kami telusuri dan akan diambil tindakan tegas terkait ulah oknum buruh di Gudang Banjar Kemantren Surabaya Utara tersebut," kata Tomi dalam keterangannya, Selasa (26/12/2023).

Tomi menambahkan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan dan kualitas produk terbaik untuk masyarakat. Sehingga jika ada upaya-upaya yang berlawanan dengan komitmen tersebut akan ditindak tegas.

 

3 dari 4 halaman

Kejadian di Surabaya

Mengacu pada penelusuran yang sudah dilakukan perusahaan, kejadian viral itu diambil di Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya Utara pada Selasa, 19 Desember 2023 lalu.

Video itu diambil saat proses pengarungan kembali beras sobek karena proses handling beras impor dari kapal sampai ke gudang. Selanjutnya beras tersebut akan dilakukan pengolahan kembali di mesin Rice to Rice (RtR) milik BULOG.

 

4 dari 4 halaman

Video Viral

Sebelumnya, beredar di media sosial termasuk X alias Twitter seorang pria mempermainkak beras. Pria itu terlihat seperti memandikan dirinya dengan beras.

Terlihat, beras-beras yang ada disekelilingnya berbungkus karung yang bertuliskan Bulog.

Pada video, terlihat pria yang mengenakan topi itu berbaring diatas tumpukan beras tanpa bungkus. Tak lama berselang, sang pria tersebut dibantu oleh dalah satu orang lainnya dengan mengguyurkan beras dari bungkus karung keatas tubuh si pria tadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.