Sukses

Daftar 7 Perusahaan AS Bangkrut sepanjang 2023, Imbas Ekonomi Loyo

Sejumlah perusahaan di AS masih menghadapi serangkaian masalah yang timbul dari tingginya biaya, kekurangan pasokan, dan meningkatnya persaingan.

Liputan6.com, Jakarta 2023 menjadi tahun yang sulit bagi sejumlah perusahaan dan bisnis terkemuka di Amerika Serikat. Meski telah melalui tantangan perekonomian dari pandemi Covid-19, sejumlah perusahaan di AS masih menghadapi serangkaian masalah yang timbul dari tingginya biaya, kekurangan pasokan, dan meningkatnya persaingan.

Alhasil, beberapa nama besar mengajukan pailit pada tahun 2023. Namun, pailit tidak berarti bisnis akan bangkrut.

Banyak bisnis di AS yang mengajukan kebangkrutan untuk menghentikan beberapa operasi, melepaskan utang, dan menghemat biaya.

Cara yang umum dalam menangani kebangkrutan adalah mengajukan dokumen Chapter 11, yang memungkinkan perusahaan menyelesaikan masalah keuangannya melalui reorganisasi.

Berikut adalah 7 perusahaan AS yang mengalami bangkrut, dilansir dari CNN Business, Rabu (27/12/2023):

WeWork

WeWork mengalami perkembangan yang luar biasa pada tahun 2023.

WeWork, yang pernah menjadi perusahaan rintisan (start-up) paling bernilai di AS, tampaknya siap untuk mengubah cara kerja di Amerika.

Beberapa orang membandingkan kebangkitannya yang meroket dan kejatuhannya dan terkenal dengan Festival Fyre dan kegagalan FTX.

Perusahaan ruang kerja bersama itu mengajukan kebangkrutan Chapter 11 pada November 2023.

Namun, langkah tersebut tidak terlalu mengejutkan. Sebulan sebelumnya, WeWork mengatakan pihaknya kesulitan membayar kembali utangnya setelah pandemi mengguncang bisnis intinya karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah.

Selain itu, upaya IPO yang gagal pada tahun 2019 juga menurunkan bisnis tersebut, mendorong kerugian yang lebih besar dari perkiraan dan potensi konflik kepentingan dengan salah satu pendiri perusahaan dan CEO saat itu, Adam Neumann.

WeWork mengatakan pihaknya akan tetap terbuka dan beroperasi saat menegosiasikan ulang sewa dan kewajiban utangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rite Aid

Setelah serangkaian masalah panjang di toko obat, Rite Aid mengajukan kebangkrutan Chapter 11 pada Oktober 2023.

Seperti CVS dan Walgreens, Rite Aid harus menyelesaikan tuntutan hukum yang timbul dari tuduhan mengajukan resep opioid yang melanggar hukum kepada pelanggan.

Namun, tidak seperti para pesaingnya, Rite Aid kalah dalam perjuangannya melunasi utang yang semakin besar dan tidak mampu pulih secara finansial.

Perusahaan itu juga berjuang untuk bersaing dengan Amazon, Walmart, Target, dan Costco, alternatif yang lebih ramah pelanggan dibandingkan jaringan apotek nasional.

Dalam pengajuan SEC bulan Oktober, perusahaan tersebut mengatakan pihaknya memperkirakan peningkatan kerugian yang signifikan – selain tiga perempat miliar dolar yang hilang antara Maret 2022 dan Maret 2023 – dan USD 307 juta lainnya antara bulan Maret dan Mei tahun ini.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mendapatkan pendanaan sebesar USD 3,5 miliar dan perjanjian pengurangan utang dari pemberi pinjaman untuk menjaga perusahaan tetap bertahan meskipun bangkrut.

Dikatakan bahwa pihaknya akan mempercepat laju penutupan toko dan menjual beberapa bisnisnya, termasuk penyedia manfaat resep Elixir Solutions; dan juga menunjuk CEO baru.

Bed Bath & Beyond

Bed Bath & Beyond mengajukan kebangkrutan pada April 2023.

Perusahaan ritel itu menutup 360 toko terakhirnya dan juga 120 pembelian, menjadikannya salah satu kebangkrutan ritel terbesar dalam beberapa tahun.

Overstock.com membeli merek tersebut dari kebangkrutan dan meluncurkan kembali situsnya sendiri sebagai BedBathandBeyond.com.

Langkah ini menggabungkan model bisnis online dan kategori barang dagangan Overstock dengan produk bermerek populer yang disukai oleh pembeli Bed Bath & Beyond.

Diketahui, bisnis perusahaan itu telah lama menyusut untuk menghemat uang.

Sebelumnya pada tahun 2023, mereka mengatakan akan menutup sekitar 400 toko, tetapi akan tetap membuka toko yang menguntungkan di pasar-pasar utama.

Mereka juga dikabarkan menghemat uang dengan tidak membayar pesangon kepada beberapa pekerja yang di-PHK di toko-toko yang tutup.

3 dari 4 halaman

Tuesday Morning

Toko perlengkapan rumah tangga lainnya yang bangkrut pada tahun 2023 adalah Tuesday Morning, yang mengajukan Chapter 11 pada Februari 2023 karena beban utangnya yang cukup besar.

Ini merupakan kebangkrutan kedua perusahaan di AS dalam tiga tahun terakhir.

Pada Mei 2023, perusahaan mengumumkan akan gulung tikar dan menutup seluruh 200 tokonya.

Kebangkrutan pertamanya terjadi pada Mei 2020, saat puncak pandemi karena penutupan toko yang berkepanjangan sehingga menyebabkan rintangan keuangan yang tidak dapat diatasi.

Tuesday Morning memiliki sekitar 700 toko tiga tahun lalu.

Party City

Party City, toko perlengkapan pesta di AS mengajukan pailit pada Januari 2023, karena terbebani oleh persaingan dan kerugian finansial selama bertahun-tahun.

Dalam pengajuan kebangkrutannya, perusahaan tersebut mengatakan pihaknya mencapai kesepakatan dengan pemegang utang untuk memotong beban utangnya sebesar USD 1,7 miliar.

Pemasok pesta terbesar di Amerika itu mengajukan kebangkrutan pada tahun 2023, karena dirugikan oleh persaingan pengecer besar, kenaikan biaya selama pandemi, dan kekurangan helium.

Kemudian pada September 2023, perusahaan tersebut keluar dari kebangkrutan setelah hakim AS menandatangani rencana reorganisasi.

4 dari 4 halaman

SmileDirectClub

Perusahaan ortodontik telehealth SmileDirectClub ditutup pada Desember 2023, kurang dari tiga bulan setelah mengajukan Chapter Bab 11.

Perusahaan ini menjual pelurus gigi, yang biasanya memakan waktu 4-6 bulan.

SmileDirectClub mendorong pelanggan yang terdampar di tengah perawatan untuk berkonsultasi dengan klinik gigi setempat.

SmileDirectClub, yang didirikan pada tahun 2014, pernah menyatakan dirinya sebagai alternatif ortodontik tradisional yang terjangkau dengan misi "untuk mendemokratisasi akses terhadap senyuman yang disukai setiap orang dengan menjadikannya terjangkau dan nyaman bagi semua orang".

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan restrukturisasi akan “memungkinkan SmileDirectClub berkembang sebagai pemimpin perawatan mulut internasional selama bertahun-tahun yang akan datang” dan menekankan niatnya “untuk terus memberikan perawatan mulut yang terjangkau dan dapat diakses oleh pelanggannya tanpa gangguan.”

Lordstown Motors

Pembuat kendaraan listrik tersebut mengajukan perlindungan kebangkrutan hapter 11 pada bulan Juni 2023.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut mengatakan mereka tidak mempunyai pilihan lain setelah gagal bekerja sama dengan Foxconn, salah satu produsen elektronik terbesar di dunia.

Mereka menuduh Foxconn melakukan penipuan dan gagal menepati janji untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini