Sukses

Selamat! ANTAM Raih Dua Penghargaan PROPER EMAS dari KLHK

Anugerah Lingkungan PROPER merupakan wujud apresiasi KLHK kepada perusahaan yang telah konsisten menaati peraturan Perundang-undangan Lingkungan Hidup, pemberdayaan masyarakat rentan, tanggap bencana, dan peduli sesama.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberi penghargaan kepada PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID)-BUMN Holding Industri Pertambangan, terkait Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). 

Ya, ANTAM meraih Dua Peringkat PROPER EMAS melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas dan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia atas kinerja Perusahaan serta inovasi pengelolaan lingkungan hidup dan sosial pada periode tahun 2022-2023. Penghargaan PROPER EMAS diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin dalam Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2023, di Jakarta pada Rabu, 20 Desember 2023.

Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, Hartono mengatakan sebagai perusahaan yang mengelola sumber daya alam, ANTAM senantiasa berkomitmen melaksanakan good mining practices dan operational excellence guna mewujudkan keberlanjutan. Peringkat PROPER EMAS yang diterima ANTAM melalui UBP Emas dan UBPP Logam Mulia merupakan wujud nyata atas keberhasilan perusahaan melakukan pengelolaan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan yang baik. 

"Diperolehnya Peringkat PROPER EMAS juga merupakan bukti bahwa Perusahaan telah mampu memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan sosial dan isu lingkungan yang ada di sekitar wilayah operasi Perusahaan," kata Hartono. 

 

UBP Emas meraih Peringkat PROPER EMAS melalui program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pelestarian Lingkungan Cisangku (Pepeling Cisangku) yang berlokasi di Kampung Cisangku, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung yang memberikan manfaat bagi penyelesaian permasalahan illegal logging dan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI). Sementara UBPP Logam Mulia meraih Peringkat PROPER EMAS melalui Program Agroeduwisata Jayakarta yang membantu penyelesaian sampah di Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur.

Selain itu, ANTAM juga meraih empat Peringkat PROPER HIJAU, dua di antaranya diraih melalui UBP Bauksit Kalimantan Barat dan UBP Nikel Maluku Utara. Penghargaan PROPER HIJAU yang diterima perusahaan menunjukkan komitmen ANTAM yang senantiasa meningkatkan efektivitas pengelolaan lingkungan hidup dan komitmen dalam melakukan inovasi pengelolaan lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi, penjagaan keanekaragaman hayati, serta komitmen melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi. Dua Peringkat PROPER HIJAU lainnya diraih anak usaha PT Indonesia Chemical Alumina dan PT Gag Nikel.

Sekadar informasi, Anugerah Lingkungan PROPER merupakan wujud apresiasi KLHK kepada perusahaan yang telah konsisten menaati peraturan Perundang-undangan Lingkungan Hidup, pemberdayaan masyarakat rentan, tanggap bencana, dan peduli sesama. ANTAM senantiasa menjalankan bisnis berkelanjutan di setiap wilayah operasi dan terus berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan secara konsisten memberikan manfaat bagi masyarakat guna melaksanakan keberlanjutan. Selain itu, ANTAM juga berkomitmen untuk terus meningkatkan perolehan PROPER yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.