Sukses

Asik, Tukin PNS KKP Bakal Naik Jadi 86 Persen di 2024

Rencananya, tukin PNS KKP bakal naik menjadi 86 persen di 2024.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjanjikan kenaikan tunjangan kinerja (tukin) bagi aparatur sipil negara atau PNS di lingkungan yang dipimpinnya. Rencananya, tukin PNS KKP bakal naik menjadi 86 persen di 2024, tahun depan.

Menteri Trenggono mengungkapkan, usulan kenaikan tukin KKP sudah disampaikan sejak beberapa bulan lalu. Dia pun meminta Inspektur Jenderal KKP Tornanda Sjaifullah untuk memproses usulan tersebut.

"Sudah, sudah (diusulkan). Yaa saya minta pak Irjen untuk mengawal angkanya sudah diatas 80, berapa 85? 86 (persen)," kata Trenggono dalam Diskusi pada Puncak Bulan Bakti Kelautan Perikanan, di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Dia mengatakan, hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Satu hal yang disampaikannya adalah kondisi PNS KKP yang tukinnya tidak naik selama 8 tahun. Dia juga memohon kenaikan tukin PNS KKP karena sudah mencatatkan sejumlaj prestasi.

"Jadi saya bicara sama Menkeu, saya bicara Menteri PAN RB, saya sampaikan pada beliau-beliau tolong dong, saya bilang di Kementerian Kelautan dan Perikanan ini ada loh udah 8 tahun gak meningkat. Kan saya udah berprestasi," bebernya.

Satu prestasi yang disebutnya yakni peningkatan perolehan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor kelautan dan perikanan. "Nah kalau skrg kita lihat tuh, kenaikannya, dari kondisi yang flat gitu ya, terus naik-naik naik. 2021 naik, 2022 naik dan seterusnya," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun Terakhir

Lebih lanjut, Menteri Trenggono berharap, kenaikan tukin KKP di 2024 ini jadi kado dari kepemimpinannya. Pasalnya, dia menyebut kalau 2024 adalah tahun terkahir dia memimpin KKP.

Dia ingin memberikan kesan baik ketika sudah tidak menjabat lagi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Pak irjen dan pak sekjen yang sudah bekerja terus sejak beberapa bulan lalu dan saya bilang tahun 2024 adalah tahun terakhir saya mengabdi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang saya tinggalkan adalah kenaikan tukin," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Harap Tukin Naik

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berharap tunjangan kinerja (tukin) pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat naik tahun depan. Ia mengungkapkan, selama 8 tahun tukin pegawai KKP tak pernah naik.

"Di 2024, Isyah Allah menjadi tahun terakhir saya menjalankan amanah di Kementerian Perikanan. Pada saat itu mudah-mudahan tukin-nya naik setelah 8 tahun (tidak naik)," ucap Sakti Wahyu Trenggono dalam Puncak HAKORDIA KKP Tahun 2023, dikutip Senin (11/12/2023).

Trenggono pun menyerukan agar pegawai KKP untuk bekerja semaksimal mungkin jika kenaikan Tukin tercapai di 2024 mendatang.

"Jika ini (Tukin naik) terjadi, harapan saya kita sudah berikan sesuatu," jelasnya.

"Saya selalu mengatakan, bekerja dan berikanlah sesuatu semaksimal mungkin. Jangan pernah berharap sesuatu, berikanlah sesuatu kepada bangsa dan negara," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Bocoran Kenaikan Tukin PNS

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, memberikan bocoran mengenai kenaikan tunjangan kinerja atau tukin bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Azwar Anas mengatakan, dirinya telah berdiskusi dengan sejumlah kementerian dan lembaga maupun pemerintah daerah soal kenaikan tukin PNS. Nantinya, evaluasi dari pembayaran tunjangan kinerja tersebut bakal disesuaikan dengan kinerja masing-masing instansi yang ada.

"Tentu berdasarkan kinerja masing-masing kementerian dan lembaga, beberapa hari ini kita sedang evaluasi dari beberapa teman kementerian dan lembaga yang dari kinerja mereka sudah bisa naik," ujarnya di sela-sela acara Sidang Tahunan MPR 2023 di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

"Beberapa pemda kinerjanya cukup bagus. Harapannya ke depan mereka lebih berdampak hasil kinerjanya," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini